Ancol Buka-Tutup, Warga yang Sudah Beli Tiket Online Kecewa

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 18:40 WIB
Gerbang Ancol Ditutup Usai Kouta Penuh
Gerbang Ancol Ditutup (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Gerbang kawasan wisata Ancol, baik gerbang Timur, Barat, maupun Carnaval, ditutup sejak sekitar pukul 17.00 WIB tadi. Pengelola menyebut kuota sudah penuh sehingga tidak menerima pengunjung lagi.

"Karena kuota tiket sudah terpenuhi. Per pukul 16.00 WIB sudah 43 ribu pengunjung. Yang keluar 13 ribu," ujar Manager Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari saat dihubungi, Jumat (14/5/2021).

Pantauan detikcom di gerbang timur Ancol, pihak pengelola dan kepolisian menutup akses masuk Ancol berupa pembatas jalan berwarna oranye. Di bagian depan, terlihat pengumuman bertulisan 'Ancol tutup karena kuota pengunjung sudah terpenuhi'.

Kasat Lantas Polres Jakarta Utara Kompol Gusti terlihat mengatur lalu lintas di lokasi. Namun dia belum bisa berkomentar banyak.

"Nanti saja, saya lagi bertugas," tukas Gusti.

Sementara itu, sudah banyak calon pengunjung yang tidak bisa masuk ke Ancol, salah satunya Mila Rosiana. Dia mengaku kecewa karena sudah beli tiket online.

"Ya kecewa sih pasti. Soalnya kan kita belinya online ya. Kalaupun kuota udah penuh juga dibatasi. Biar kitanya juga nggak kecewa jauh-jauh ke sini, sampai sini eh tutup," kata Mila.

Tidak hanya Mila, ada juga Widya, yang merupakan warga Cipinang, Jakarta Timur. Widya, yang turut membawa keluarganya kesal lantaran tidak boleh masuk ke Ancol padahal sudah beli tiket.

"Pasti kesal! Sudah jauh-jauh dari Cipinang otomatis ke sini," seru Widya.

Widya memberi masukan kepada pengelola Ancol. Dia berharap ke depannya pengelola tidak membuat kecewa lagi masyarakat.

"Kalau bisa diinfoin kalau memang nggak bisa ditutup online-nya. Artinya, jangan bikin kecewa masyarakat. Kan nggak hanya kita pribadi. Semuanya juga," ucapnya.

Seperti diketahui, kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara (Jakut), menjadi destinasi wisata yang diminati masyarakat di masa libur Lebaran 2021 ini. Karena ramai, pengelola Ancol menerapkan buka-tutup gerbang supaya kawasan Ancol tak makin padat.

"Rekayasa buka-tutup gerbang Ancol merupakan bagian penerapan prokes di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Jika kami melihat situasi dan kondisi yang terlihat agak padat maka kami lakukan skema buka-tutup tersebut," ujar Manager Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari saat dihubungi, Jumat (14/5).

Pantauan detikcom, Pintu Timur Ancol masih ramai pengunjung pada pukul 16.08 WIB, baik kendaraan motor maupun mobil antre masuk.

Para pengunjung menunggu giliran untuk pengecekan tiket online oleh petugas. Rika menyebut seluruh akses masuk ke kawasan Ancol sempat ditutup sekitar pukul 14.30 WIB tadi.

"Ditutup jam 14.30. Terus dibuka lagi jam setengah 15.30. Semua pintu ditutup. Timur, Barat, dan Carnaval," katanya.

Simak juga Video: Kolam Atlantis Ancol Kembali Dibuka Jelang Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)