Ancol Ramai Pengunjung hingga Sore, Pengelola Buka-Tutup Gerbang

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 17:26 WIB
Suasana di pintu gerbang Taman Impian Jaya Ancol pada Jumat, 14 Mei 2021, sore.
Suasana di pintu gerbang Taman Impian Jaya Ancol pada Jumat, 14 Mei 2021, sore. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara (Jakut), menjadi destinasi wisata yang diminati masyarakat di masa libur Lebaran 2021 ini. Karena ramai, pengelola Ancol menerapkan buka-tutup gerbang supaya kawasan Ancol tak makin padat.

"Rekayasa buka tutup gerbang Ancol merupakan bagian penerapan prokes di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Jika kami melihat situasi dan kondisi yang terlihat agak padat maka kami lakukan skema buka tutup tersebut," ujar Manager Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari saat dihubungi, Jumat (14/5/2021).

Pantauan detikcom, Pintu Timur Ancol masih ramai pengunjung pada pukul 16.08 WIB. Baik kendaraan motor maupun mobil antre masuk.

Para pengunjung menunggu giliran untuk pengecekan tiket online oleh petugas. Rika menyebut seluruh akses masuk ke kawasan Ancol sempat ditutup sekitar pukul 14.30 WIB tadi.

"Ditutup jam 14.30. Terus dibuka lagi jam setengah 15.30. Semua pintu ditutup. Timur, Barat, dan Carnaval," katanya.

Sementara itu, per pukul 16.00 WIB, jumlah pengunjung yang sudah datang ke Ancol hari ini mencapai angka 43 ribu. Namun, lanjut Rika, sudah ada 13 ribu orang yang keluar sehingga Ancol tidak melanggar batas kapasitas 30% yang dikeluarkan pemerintah.

"Jam 4 ini 43 ribu orang, keluar 13 ribu. Tapi itu tidak melanggar kuota karena yang exist di kawasan cuma 29 ribu," tukas Rika.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan agar kegiatan di pusat belanja dan tempat wisata di zona merah dihentikan sementara mulai 12 Mei hingga 16 Mei. Namun untuk wilayah zona kuning dan hijau tetap diperbolehkan buka dengan syarat 30 persen pengunjung dan hanya sampai pukul 21.00 WIB.

Hal ini tertuang dalam Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Masa Libur Idul Fitri. Ada 6 poin dalam seruan Anies itu, salah satunya meminta kegiatan di mal di zona merah dihentikan sementara.

Seruan yang sama berlaku untuk sektor tempat wisata. Aktivitas kawasan wisata atau tempat rekreasi di zona merah dan oranye juga diminta dihentikan sementara.

Suasana di pintu gerbang Taman Impian Jaya Ancol pada Jumat, 14 Mei 2021, sore.Suasana di pintu gerbang Taman Impian Jaya Ancol pada Jumat, 14 Mei 2021, sore. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
(aud/aud)