Kapolda Metro-Pangdam Jaya Rakor Bareng Anies di Balkot, Bahas Arus Balik

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 09:04 WIB
Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya rapat bersama Gubernur DKI Jakarta bahas arus balik lebaran
Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya rapat bersama Gubernur DKI Jakarta membahas arus balik Lebaran. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi gedung Balai Kota DKI Jakarta, pagi ini. Keduanya dijadwalkan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perihal persiapan pengamanan arus balik Lebaran 2021.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (14/5/2021) sekitar pukul 08.30 WIB, mobil dinas Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya telah terparkir. Keduanya telah memasuki ruang rapat.

Dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan pihaknya bersama Pangdam Jaya dan Gubernur Anies Baswedan menggelar rapat persiapan pengamanan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta.

"Iya, Kapolda rapat koordinasi bersama Gubernur DKI membahas antisipasi arus balik Libur Lebaran," ujar Yusri.

Hingga saat ini rapat masih berlangsung dan tertutup dari media. Dijadwalkan Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro, dan Pangdam Jaya akan memberikan keterangan kepada media pada pukul 09.30 WIB.

Pada Kamis (14/5) malam, Anies juga menggelar rapat koordinasi virtual dengan jajarannya. Lewat unggahan di Instagram pribadinya, Anies terlihat membahas pengendalian arus balik masyarakat yang kembali ke Jakarta usai pergi mudik Lebaran.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun telah mewanti-wanti jajarannya untuk menyiapkan pengamanan arus balik Lebaran 2021. Secara khusus, dia meminta kebijakan PPKM Mikro di DKI Jakarta diperkuat.

"Nanti untuk arus balik, Jakarta untuk PPKM Mikro-nya harus diperkuat," kata Listyo saat meninjau penyekatan mudik di Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/5).

Listyo mengaku kemungkinan terjadinya peningkatan angka COVID-19 pada saat arus mudik dan arus balik menuju Jakarta harus diantisipasi. Dia menargetkan angka kenaikan virus Corona tidak lebih dari 2.000 kasus.

"Kita harapkan angka bisa betul kita tekan dibawa 2.000 sehingga kalau ini bisa dilakukan dengan baik program-program lain yang terkait pemulihan ekonomi nasional ini bisa berjalan," ujarnya.

Simak Video: Kapolri Ingatkan Arus Balik Lebaran di DKI: PPKM Mikro Harus Diperkuat!

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/maa)