Round-Up

Kala Warga Jakarta Tetap Ziarah Meski Anies Bilang Ditiadakan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 08:03 WIB
TPU Tegal Alur Jakbar Ramai Peziarah Sore Ini (Foto: Luqman/detikcom)
TPU Tegal Alur Jakbar ramai peziarah sore kemarin. (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan tidak ada kegiatan ziarah kubur dalam libur Lebaran bagi warga di DKI Jakarta. Fakta di lapangan, warga Jakarta tetap meramaikan sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) selama libur Lebaran.

Anies Baswedan mengatakan kegiatan ziarah di TPU di Jabodetabek ditiadakan mulai 12 hingga 16 Mei, pada Senin (10/5/2021). Hal ini diputuskan untuk mengurangi mobilisasi warga lintas wilayah selama Lebaran.

"Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai ditiadakan tanggal 12 Mei sampai dengan hari minggu 16 Mei, seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah tetapi kegiatan untuk pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu, nanti diatur oleh dinas yang mengelola pemakaman," kata Anies di Balai Kota, Jakarta.

Berkaca dari tahun lalu, Anies mengatakan kegiatan ziarah di masa pandemi tahun ini juga ditiadakan. Namun kegiatan pemakaman tetap bisa dilakukan.

"Sama tahun lalu juga tidak ada ziarah kubur. Jadi TPU ditutup, tempat pemakaman umum ditutup kemudian pemakaman tetap dilaksanakan tapi ziarah tidak dilaksanakan hanya mulai Rabu sampai Minggu," paparnya.

Keputusan Anies ini diperkuat dengan diterbitkannya surat edaran yang mengatur aktivitas masyarakat di taman, hutan kota serta pemakaman umum, selama masa libur Lebaran 12-16 Mei. Salah satunya terkait peniadaan aktivitas ziarah di TPU Ibu Kota.

"Utamanya peniadaan aktivitas ziarah makam tanggal 12 sampai 16 Mei sebagai tindak lanjut dari seruan gubernur yang kemarin disampaikan di media juga," kata Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Nurcahyo saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

Anies Baswedan (Dok Istimewa)Anies Baswedan (Dok Istimewa)

Surat edaran ini ditandatangani Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati pada 11 Mei 2021. Ivan memastikan akan memperketat pengawasan di masing-masing TPU demi mencegah kerumunan peziarah.

"Secara edaran sebenarnya kami sudah larang aktivitas ziarah secara massal, ini kan utamanya untuk memutus rantai COVID yang sudah mulai meningkat. Saya berharap masyarakat bisa paham untuk menghindari kerumunan," jelasnya.

"Kami di sana menyiapkan petugas-petugas pengamanan dalam pamdal secara aktif menginformasikan di setiap akses-akses masuk yang dimungkinkan bisa masuk ke lokasi-lokasi TPU," sambung Ivan.

Fakta di lapangan berbeda dengan keputusan Anies. Pada hari raya Lebaran, tepatnya Kamis (13/5/2021), sejumlah TPU di Jakarta diramaikan warga yang berziarah kubur. Warga beramai-ramai melakukan ziarah kubur di TPU Menteng Pulo, TPU Utan Jati, dan TPU Tegal Alur.

TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)

Sekitar pukul 10.00 WIB, di TPU Menteng Pulo, sejumlah pengamanan dalam atau pamdal berjaga di pintu-pintu masuk. Setiap pintu dijaga 2-5 petugas.

Di pintu masuk Blok AAII Islam, terpantau dua petugas pamdal berjaga. Mereka menghalau warga yang hendak berziarah. Tampak salah seorang petugas membawa surat aturan yang menerangkan peniadaan ziarah selama Lebaran.

"Mohon maaf, ziarahnya ditiadakan dulu," kata salah seorang petugas saat mencegah peziarah yang hendak masuk.

Sementara itu, di akses lain ke TPU Menteng Pulo Blok II menuju arah Kuningan, petugas tampak memblokade jalan dengan meja dan papan. Terlihat spanduk imbauan peniadaan ziarah juga terpasang di akses masuk.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Tonton juga Video: Warga Tetap Ziarah ke TPU Sirnaraga Bandung Meski Ditutup

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3