Akses ke TPU Menteng Pulo Dijaga, Sejumlah Peziarah Masih Bisa Masuk

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 11:46 WIB
TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)
Foto: TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)
Jakarta -

Aturan peniadaan ziarah ke makam di Jabodetabek berlaku dari 12-16 Mei 2021. Pada hari pertama Lebaran 1442 H, sejumlah peziarah tetap datang ke TPU Menteng Pulo meski akses masuk sudah dijaga.

Pantauan detikcom, Kamis (13/5/2021) pukul 10.00 WIB, petugas pengamanan dalam (pamdal) TPU Menteng Pulo berjaga di pintu-pintu masuk. Setiap pintu dijaga sekitar 2-5 petugas pamdal.

Di pintu masuk Blok AAII Islam, terpantau dua petugas pamdal berjaga. Mereka menghalau warga yang hendak berziarah. Tampak salah seorang petugas membawa surat aturan yang menerangkan peniadaan ziarah selama Lebaran.

"Mohon maaf, ziarahnya ditiadakan dulu," kata salah seorang petugas saat mencegat peziarah yang hendak masuk.

Sementara itu, di akses lain ke TPU Menteng Pulo Blok II menuju ke arah Kuningan, petugas tampak memblokir jalan dengan meja dan papan. Terlihat spanduk imbauan peniadaan ziarah juga terpasang di akses masuk.

TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom) Foto: TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)

Peziarah yang hendak masuk menaiki motor maupun mobil tampak diminta putar balik. Para peziarah yang telanjur datang langsung meninggalkan lokasi ke arah Kuningan.

Di tiap jalan setapak kecil menuju ke area TPU juga dijaga minimal satu pamdal. Meski begitu, sejumlah peziarah masih bisa lolos masuk ke makam lewat permukiman warga.

Terpantau sejumlah warga masih bisa melakukan ziarah. Mereka tampak mengajak sanak keluarga. Beberapa menggunakan masker, namun terlihat ada yang tidak menggunakannya.

TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)Masih ada warga ziarah di TPU Menteng Pulo (Arun/detikcom)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kegiatan ziarah di TPU di Jabodetabek ditiadakan mulai 12 hingga 16 Mei mendatang. Hal ini untuk mengurangi mobilisasi warga lintas wilayah selama Lebaran. Namun kegiatan pemakaman tetap bisa dilakukan.

Simak juga 'Jerit Penjual Kembang Rugi Jutaan Rupiah Imbas Penutupan TPU':

[Gambas:Video 20detik]



(run/imk)