Dilarang Mudik, Warga Pilih Obati Kangen Kampung Halaman di TMII

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 17:41 WIB
Presiden Jokowi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari yayasan keluarga Soeharto kembali ke negara.
TMII (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu tempat wisata dalam kota yang tetap buka di tengah pelarangan mudik Lebaran 2021. Berhubung tidak boleh mudik, banyak warga yang memilih liburan ke TMII dalam rangka mengobati rasa rindu pada kampung halaman.

"Betul (bisa mengobati rasa kangen). Karena di sini kan ada tempat-tempat anjungan daerah. Jadi kita sempat mampir ke anjungan yang memang daerah tempat asal kita. Saya dari Medan, Sumatera Utara," ujar pengunjung TMII bernama Tian saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, Kamis (13/5/2021).

Tian, yang mengaku sebagai seorang PNS, menyatakan dirinya harus patuh terhadap kebijakan pelarangan mudik. Selain itu, anak-anaknya meminta berwisata ke TMII.

"Ya karena, saya kebetulan PNS. Jadi, PNS dilarang mudik. Ya karena nggak bisa ke mana-mana, nggak bisa ke luar kota, ya wisata dalam kota ke sini. Nggak bisa mudik sih intinya," ucapnya.

"Karena memang anak-anak dulu sudah sering ke sini dan mereka minta ke sini. Jadi ya ajak sekalian," sambung Tian.

Selain itu, pengunjung lain bernama Sandi sengaja mengajak keluarga beserta mertuanya ke TMII. Sandi mengungkapkan mertuanya senang karena bisa melihat anjungan daerah Sulawesi tempatnya berasal.

"Ini mertua saya juga orang Sulawesi tadi abis saya ajak ke anjungan Sulawesi, senang dia. Jadi ya menghibur dah," kata Sandi.

Meski demikian, Sandi mengaku khawatir berwisata di tengah pandemi COVID-19. Hanya, rasa untuk membuat anaknya senang lebih besar daripada ketakutannya terhadap virus Corona.

"Ya khawatir sih. Cuma ini salah satu cara hibur diri. Khawatir ya khawatir, cuma mau nyenengin anak," tutur Sandi.

Salah satu warga yang berkunjung ke TMII (Foto: Adhyasta/detikcom)Eka Eliya, salah satu warga yang berkunjung ke TMII (Adhyasta/detikcom)

Sementara itu, Eka Eliya mengunjungi TMII karena kangen akan suasana keramaian kampungnya di Kuningan, Jawa Barat. Dia mengklaim kunjungannya ke Taman Mini telah mengobati rasa kangennya terhadap kampung.

"Merasa terobati. Karena melihat keramaian di sini. Karena seperti di kampung halaman, ramai di sini. Jadi keinget karena ramai, bukan karena rumah adat," imbuh Eka.

Diketahui, larangan mudik Lebaran 2021 yang ditetapkan pemerintah membuat sejumlah orang memilih berwisata di dalam kota. Salah satunya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim), yang dikunjungi ribuan orang siang ini.

"Hari ini per pukul 14.00 WIB tadi 8.835. Itu untuk jumlah orang. Kemudian mobil 1.074, motor 1.470. Kalau sepeda nggak kita hitung," ujar Kepala Humas TMII Adi Widodo saat ditemui di kantornya, Kamis (13/5/2021).

Selain itu, Adi mengungkapkan banyak orang memilih berwisata ke TMII lantaran kangen suasana kampung. Pasalnya, TMII sendiri memiliki 33 anjungan daerah, dari Sulawesi Selatan hingga Sumatera Barat.

"Kalau itu tentu. Karena selama ini kita kan punya jargon. Jargon kalau Lebaran di TMII serasa Lebaran di kampung halaman. Jargon kita itu. Karena kita punya 33 anjungan daerah. Bagi kita jadi daya tarik orang-orang daerah yang ada di Jakarta untuk kunjungi anjungan, kan bisa lepas kangen. Lihat rumah adat, 'wah rumah adat saya di desa dulu seperti ini'," beber Adi.

(mae/mae)