8 Ribuan Orang Kunjungi TMII di Hari Lebaran, Pengurus: Kangen Kampung

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 15:58 WIB
Taman Mini Indonesia Indah
Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah di hari pertama Lebaran 2021. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Larangan mudik Lebaran 2021 yang ditetapkan pemerintah membuat sejumlah orang memilih berwisata di dalam kota. Salah satunya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim), yang dikunjungi ribuan orang siang ini.

"Hari ini per pukul 14.00 WIB tadi 8.835. Itu untuk jumlah orang. Kemudian mobil 1.074, motor 1.470. Kalau sepeda nggak kita hitung," ujar Kepala Humas TMII Adi Widodo saat ditemui di kantornya, Kamis (13/5/2021).

Adi menyebut 8 ribu pengunjung TMII termasuk banyak di tengah pandemi COVID-19. Dia mengatakan animo masyarakat untuk berkunjung ke TMII masih cukup tinggi.

"Kalau selama pandemi, capaian cukup bagus jam 2 sudah 8 ribu. Karena selama pandemi kita paling tinggi 15.500, itu di Hari Raya Nyepi kemarin. Dan mengawali Lebaran kita dapat segini alhamdulillah. Dengan berbagai pembatasan-pembatasan dan imbauan-imbauan yang dikeluarkan, kemudian masyarakat animonya masih cukup gede, itu ya alhamdulillah kita dapat 8 ribu," jelasnya.

Selain itu, Adi mengungkapkan banyak orang memilih berwisata ke TMII lantaran kangen suasana kampung. Pasalnya, TMII sendiri memiliki 33 anjungan daerah, dari Sulawesi Selatan hingga Sumatera Barat.

"Kalau itu tentu. Karena selama ini kita kan punya jargon. Jargon kalau Lebaran di TMII serasa Lebaran di kampung halaman. Jargon kita itu. Karena kita punya 33 anjungan daerah. Bagi kita jadi daya tarik orang-orang daerah yang ada di Jakarta untuk kunjungi anjungan, kan bisa lepas kangen. Lihat rumah adat, 'woah rumah adat saya di desa dulu seperti ini'," beber Adi.

"Kemudian ada kemungkinan bahwa dia ketemu dengan orang asal daerah yang sama. Misalkan penjaganya, ternyata orang Jogja. Kan itu sesuatu yang membuat mereka kangen. Dan kangennya bisa terobati. Sambil piknik utamanya. Tapi piknik ketemu teman sekampung, membangkitkan kenangan," sambungnya.

TMII sendiri dibuka pada pukul 06.00 WIB setiap harinya. Kemudian, TMII tutup pada pukul 20.00 WIB.

Sementara itu, Adi turut memberi imbauan bagi para pengunjung TMII. Dia berharap mereka selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Pesan buat masyarakat, tetap patuhi protokol kesehatan, 3M. Dan patuhi aturan di TMII. Apabila kondisi badan kurang bagus, bisa tunda rekreasi ke hari lain," tutup Adi.

Diketahui, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tetap beroperasi selama libur Lebaran 2021. TMII akan menutup gerbang apabila kapasitas pengunjung 30 persen telah terpenuhi.

Taman Mini Indonesia IndahKepala Humas TMII Adi Widodo (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Kepala Bagian Humas TMII Adi Widodo menjelaskan, dalam kondisi normal, TMII bisa menampung 60 ribu pengunjung. Sesuai Surat Edaran Kepala Disparekraf DKI Jakarta, pihaknya akan membatasi pengunjung menjadi 18 ribu.

"Nanti mereka yang masuk ke Taman Mini kemudian yang keluar Taman Mini kita catat. Kalau memang di dalam Taman Mini sudah mencapai 18 ribu, ya nanti akan kita beri tahukan kepada masyarakat bahwa di dalam Taman Mini padat. Jadi ada penutupan sementara, kalau ternyata ada yang keluar mengurangi jumlah yang ada, kita buka kembali," kata Adi Widodo saat dihubungi, Senin (10/5).

Adi memastikan aparat kepolisian akan membantu melakukan pengamanan serta rekayasa lalu lintas di kawasan TMII. Apabila gerbang sudah ditutup, petugas akan mengarahkan pengunjung keluar dari kawasan hingga suasana di dalam TMII kembali lengang.

"Kalau kita mungkin ada rekayasa lalin dari rekan-rekan Polri nanti ya. Untuk sementara gerbang Taman Mini ditutup nanti mereka bisa memutar dulu di luar ya, nanti baru kembali lagi. Kita berharap kembalinya mereka itu sudah bisa mengurangi jumlah yang ada di dalam," ucapnya.

Simak juga 'Main-main ke Museum Penerangan Sambil Menelusuri Sejarah Pers':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)