BRI Ramadan Update

Taqobbalallahu Minna Waminkum, Ucapan Idul Fitri yang Sesuai Sunnah

Rahma I Harbani - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 11:26 WIB
Ornament background for ramadan kareem or Eid al Adha festival. Eid-al-Fitr or Hari Raya, iftar greeting card with crescent and lantern, stars and candle. Eid Mubarak text translated Blessed Feast
Foto: iStock
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar yang dinantikan sebagian besar umat muslim. Biasanya ada tradisi turun-temurun untuk memberikan ucapan pada kerabat dan sesama umat muslim.

Lalu, bagaimana ucapan Idul Fitri yang benar dan sesuai sunnah?

Ucapan Idul Fitri yang disunnahkan dan dibenarkan dalam Islam berbunyi:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Bacaan latin: Taqobalallahu minna wa minkum

Artinya: "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua."

Sebagaimana dalam sebuah riwayat yang dikisahkan Jubair bin Nufair, para sahabat Rasulullah saling mengucapkan kalimat tersebut saat berjumpa di Hari Raya Idul Fitri, dikutip dari Kitab Fathul Bari oleh Ibnu Hajar Al Asqolani:

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Artinya: Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari 'ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, "Taqobbalallahu minna wa minkum."

Dalam Majmu Fatawa (24/253) Ibnu Taimiyah pernah ditanya mengenai dasar hukum syariat dalam ucapan Idul Fitri. Kemudian beliau menjawab:

"Taqabbalallahu minna waminkum, dan semacam itu, maka ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya, dan dibolehkan sebagian Imam seperti Ahmad dan lainnya. Tetapi Ahmad berkata: Aku tidak mau memulainya lebih dahulu, namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku maka aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib."

Jadi, sahabat hikmah bisa mulai gunakan Taqabbalallahu minna waminkum sebagai ucapan Idul Fitri pada keluarga dan kerabat, ya!

(nwy/nwy)