Polisi Jelaskan Kronologi Serda Nurhadi Dihadang-Dikepung Debt Collector

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 17:54 WIB
Polisi mengungkap modus debt collector yang mengepung anggota TNI. Polisi menyebut mata elang itu menyalahi aturam dam bekerja seperti preman.
Sebelas Tersangka Pengepung Serda Nurhadi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Sebelas orang debt collector yang mengepung mobil anggota TNI Serda Nurhadi di Koja, Jakarta Utara. Ternyata saat itu, Serda Nurhadi yang tengah menolong satu keluarga di dalam mobil dihadang hingga dikepung debt collector.

"Ini yang viral di media sosial. Betul memang 11 orang tersangka sudah kita tetapkan, siapa kesebelas ini? 11 ini adalah yang mengaku debt collector atau mata-mata elang, yang dipakai jasanya, oleh Klipan Finance," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Yusri menjelaskan peristiwa pengepungan itu terjadi di Gerbang Tol (GT) Koja Barat, Kamis (6/5) yang lalu sekitar pukul 14.00 WIB. Yusri menyebut saat itu Serda Nurhadi memang tengah berupaya membantu satu keluarga di dalam mobil.

"Saat itu dia berupaya untuk membantu satu keluarga di dalam mobil kondisinya pada saat itu diduga sakit. Membawa keluarga yang sakit," ucapnya.

Yusri menyebut sebetulnya ini berawal dari adanya keributan di rumah keluarga tersebut. Setelah itu, Serda Nurhadi, kata Yusri, dihubungi oleh pihak sekuriti untuk membantu keluarga tersebut.

"Saat itu ada sedikit keributan kemudian dengan upaya yang bijak si anggota ini melihat ke sana untuk membantu ke sana ada yang harus dibawa ke rumah sakit. jadi dia cuma mau membawa kendaraan untuk mengantar orang yang diduga sakit," jelas Yusri.

Pada saat berupaya mengantar inilah Serda Nurhadi dikejar oleh sejumlah debt collector. Setibanya di GT Tol Koja Barat, keributan pun terjadi.

"Yang terjadi dikejar oleh beberapa orang sampe pintu tol Koja Barat, di situ sempat terjadi keributan sehingga ditarik masuk ke polres. akhirnya ke polres dilalukan pendalaman," ucapnya.

Setelah didalami, ternyata diketahui ke-11 orang yang sempat ribut dengan Serda Nurhadi merupakan debt collector. Akhirnya pihak kepolisian pun menetapkan ke-11 tersangka tersebut sebagai tersangka. Mereka juga saat ini sudah ditahan oleh pihak kepolisian.

Simak Video: Pangdam Jaya Pastikan Babinsa Serda Nurhadi Tak Terlibat Utang

[Gambas:Video 20detik]

(maa/mei)