Polri Pastikan Pemudik Diloloskan di Bekasi Kena Sekat di Titik Lain

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 16:17 WIB
Kakorlantas Irjen Istiono di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat (Wilda-detikcom)
Kakorlantas Irjen Istiono di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat (Wilda/detikcom)
Bekasi -

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan ratusan pemudik yang diloloskan di pos penyekatan Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat, merupakan diskresi kepolisian. Istiono mengatakan hal itu sebagai langkah mengurangi kerumunan.

"Ya, ratusan pemudik yang mencoba ya, ini bahasanya bukan menerobos ya. Ini memang kita kelola, kita alirkan, ini adalah diskresi kepolisian, kalau sudah terjadi penumpukan yang besar, ini terjadi sebuah kerumunan penumpukan yang kita hindari adalah menjadikan klaster baru di kerumunan antrean tersebut," kata Istiono di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021).

Istiono menjelaskan, pemudik yang lolos di lokasi Kedungwaringin bukan berarti bisa bebas seterusnya. Dia menyebut para pemudik itu bakal kena sekat di pos penyekatan Karawang, Purwakarta, Indramayu, dan lainnya.

"Oleh karena itu, kita di lapangan harus kita alirkan karena kita akan sekat di titik-titik berikutnya. Kalau sudah dialirkan di titik sini nanti di Jawa Barat itu akan diterima oleh polres-polres lainnya, seperti oleh di Bekasi sini, kemudian Karawang, Purwakarta, kemudian di Subang, Indramayu, sampai Cirebon," ujarnya.

Istiono menegaskan pihaknya bakal melakukan penyekatan secara berlapis selama masa larangan mudik Lebaran 2021. Penyekatan dilakukan berlapis.

"Oleh karena itu, penyekatan yang berlapis-lapis kita bangun gunanya itu, untuk me-manage supaya tidak terjadi penumpukan di satu titik ya," ucapnya.

Sebelumnya, polisi meloloskan ratusan pemudik dari penyekatan Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat. Pemudik yang didominasi kendaraan roda dua itu diperbolehkan jalan setelah terjadi kemacetan parah.

Pantauan detikcom pada Minggu (9/5) pukul 22.47 WIB pemotor diperbolehkan melintas ke arah Karawang. Polisi yang tadinya menyekat dengan barrier plastik oranye akhirnya membuka.

Para pemudik sorak sorai menyambutnya. Mereka bahkan mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih Pak Kapolres," kata pemotor kepada Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan yang berada di lokasi.

Lihat juga Video: Saat Pemudik Blokade Jalan-Lawan Arus di Penyekatan Bekasi-Karawang

[Gambas:Video 20detik]

(whn/haf)