detikKultum Prof Nasaruddin Umar: Keajaiban Silaturahmi

Kristina - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 04:15 WIB
Jakarta -

Kehadiran bulan suci Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk memperbanyak silaturahmi. Di masa pandemi saat ini, kita tetap bisa menyambung silaturahmi secara daring.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar mengatakan silaturahmi merupakan sebuah keajaiban di balik hadirnya bulan Ramadhan yang patut kita syukuri. Silaturahmi memiliki kekuatan luar biasa salah satunya dapat memperpanjang umur.

"Silaturahmi ini kata Rasulullah, akan memperpanjang umur. Siapa orang yang rajin bersilaturahmi dijanjikan panjang umur oleh Rasulullah," kata Prof Nasaruddin dalam detikKultum detikcom, Kamis 6 Mei 2021.

Prof Nasaruddin melanjutkan, sebab-sebab panjangnya umur dikarenakan oleh silaturahmi dan sedekah. Sebagaimana dalam hadits nabi SAW, orang yang banyak melakukan silaturahmi dan banyak bersedekah akan diperpanjang umurnya.

Silaturahmi berasal dari kata silah dan rahim. Silah artinya menyambung atau hubungan dan rahim artinya kasih sayang. Jadi, silaturahmi dapat diartikan sebagai upaya untuk menjalin hubungan baik.

Menurutnya, silaturahmi tidak hanya menjalin hubungan secara fisik, melainkan terjalin komunikasi batiniah antara satu orang dengan yang lain. Dengan begitu akan terpupuk hubungan baik diantara keduanya baik secara lahir maupun batin.

Dalam Islam, menjalin silaturahmi tidak hanya sebatas pada sesama umat Islam saja. Melainkan dengan orang non Muslim juga, karena sejatinya silaturahmi dilakukan antar sesama manusia.

Bahkan Rasulullah SAW pernah mengatakan kepada para sahabatnya untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh makhluk, baik yang hidup maupun yang mati. Termasuk silaturahmi dengan benda-benda seperti pasir, batu, pohon dan lain sebagainya.

Selengkapnya detikKultum bersama Prof Nasarudin Umar: Keajaiban Silaturahmi tonton DI SINI.

(erd/erd)