Catat! Syarat Keluar Masuk Setiap Wilayah Jabodetabek

ADVERTISEMENT

Round-Up

Catat! Syarat Keluar Masuk Setiap Wilayah Jabodetabek

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 03:31 WIB
Jelang hari raya Idul Fitri pemudik mulai mencari jalur-jalur aman termasuk jalan pintas guna menghindari penyekatan.
Foto ilustrasi, petugas mengatur jalur mudik pada masa larangan mudik 2021 ini. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Depok: SDKM

Pemerintah Kota Depok mewajibkan warga yang keluar masuk Kota Depok untuk mengantongi Surat Dispensasi Keluar Masuk (SDKM) yang diterbitkan kelurahan tempat asal warga yang bersangkutan. Tentu saja keperluan warga yang bersangkutan bukan bepergian untuk mudik, melainkan bepergian untuk alasan non-mudik yang dibenarkan oleh peraturan.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 443/201.1-Huk/Satgas tentang Pengendalian Mobilitas Penduduk Selama Masa Sebelum Peniadaan Mudik, Pada Masa Peniadaan Mudik dan Setelah Masa Peniadaan Mudik dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang diteken Wali Kota Depok M Idris pada 28 April 2021.

Dishub Kota Depok tertibkan parkir liar yang menghalangi pintu JPO dekat Balai Kota Depok, 1 April 2021. (Dok Dishub Depok)Ilustrasi salah satu sudut Kota Depok. (Dok Dishub Depok)

"Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dikecualikan dari kebijakan peniadaan mudik, yang akan masuk ke wilayah Kota Depok wajib menunjukkan SDKM atau sebutan lainnya yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari daerah asal, selanjutnya melapor diri kepada RT/RW/Satgas Kampung Siaga Tangguh Jaya (SKTJ) yang dituju dan melakukan isolasi mandiri minimal 3 hari," demikian bunyi aturan Pemkot Depok tersebut.

Kota Tangerang: Wajib SIKM

Warga yang hendak melakukan perjalanan ke luar maupun masuk ke Kota Tangerang wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). SIKM diperlukan bagi warga yang hendak bepergian dengan maksud non-mudik dalam empat kategori: keluarga sakit, kunjungan duka keluarga, ibu hamil, dan persalinan.

"Jadi, jika masyarakat mau bepergian di luar wilayah aglomerasi, seperti Jabodetabek, itu wajib menyertakan SIKM," ujar Asisten Daerah (ASDA) I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang Ivan Yudhianto dalam keterangannya yang dilansir dari website Pemkot Tangerang Kota, Kamis (6/5).

Tangerang Selatan: Bawa surat bebas COVID-19

Bila Anda warga Jabodetabek hendak masuk ke Tangerang Selatan (Tangsel), maka Anda perlu menyiapkan surat keterangan bebas COVID-19. Bahkan, warga boleh mudik lokal asalkan membawa surat hasil tes negatif virus Corona.

"Kita sih di Tangsel asal surat keterangan Covid-nya deh mereka bawa," ujar Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/5) kemarin.

"Nggak apa-apa, nggak masalah (warga Tangsel mudik lokal). Sepanjang mereka itu tadi, kalau mereka dari luar kota ya bawalah surat keterangan Covid. Mereka sebaiknya di swab dulu di tempat asalnya. Tapi kalau dari Tangsel ke Tangsel sendiri ya nggak masalah lah," tuturnya.

Selanjutnya, Bekasi:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT