8 Daerah Bali Zona Oranye, Warga Diminta Salat Idul Fitri di Rumah

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 20:15 WIB
Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali, I Made Rentin
Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali I Made Rentin (Sui Suadnyana/detikcom)
Badung -

Delapan daerah di Provinsi Bali masuk pada zona oranye penularan virus Corona. Umat Islam di Bali diminta melaksanakan salat Idul Fitri di rumah.

"Kita ada delapan kabupaten yang dalam zona oranye, kemudian satu kabupaten pada zona merah," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali I Made Rentin di The Westin Resort Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (8/5/2021).

"Dalam surat edaran Menteri Agama, terhadap daerah yang memiliki zona merah dan zona oranye, pelaksanaan salat Id (Idul Fitri) dilaksanakan di rumah saja, tidak boleh melaksanakan salat yang berjemaah," imbuh Rentin.

Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 nasional, delapan kabupaten/kota di Bali yang berada di zona oranye adalah Badung, Gianyar, Denpasar, Klungkung, Karangasem, dan Tabanan. Sementara itu, Buleleng berada di zona merah.

Menurut Rentin, data ini diperbarui setiap Selasa. Karena itu, ketika Selasa (11/5/2021) zonasi di Bali masih tetap bertahan dengan kondisi sekarang, maka dapat disimpulkan bahwa umat Islam tak bisa melaksanakan salat berjemaah saat Idul Fitri.

Rentin mengaku telah meneruskan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi di Saat Pandemi COVID-19 kepada berbagai organisasi umat Islam di Bali. Harapannya, umat Islam taat pada substansi yang digariskan dalam surat edaran tersebut.

Di sisi lain, terdapat juga surat edaran dari Menteri Dalam Negeri. Surat edaran tersebut mengimbau kepada umat Islam agar tidak melaksanakan upacara bersama dan tidak melaksanakan open house, halalbihalal, serta silaturahmi.

"Adalah pilihan bijak, satu kata ini, satu arahan dari pusat, karena ini merupakan kebijakan nasional, kita pun di Bali melaksanakan. Agar (umat Islam) melaksanakan silaturahmi-halalbihalal secara virtual dengan memanfaatkan kemajuan dan kecanggihan teknologi yang ada," pinta Rentin.

Selanjutnya
Halaman
1 2