2 Jenderal Polisi Pantau Penyekatan di Pelabuhan Ketapang

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 19:57 WIB
Dua perwira tinggi Polri meninjau pos penyekatan larangan mudik 2021 di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Mereka memantau langsung penyekatan perbatasan Jawa-Bali.
Penyekatan larangan mudik 2021 di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Dua perwira tinggi Polri meninjau pos penyekatan larangan mudik 2021 di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Mereka memantau langsung penyekatan perbatasan Jawa-Bali.

Mereka yakni Brigjen Pol Heri Wahono (Auditor Kepolisian Utama Itwasum Polri) dan Brigjen Pol Yusuf (Dirregident Korlantas Polri). Mereka datang secara bergantian dalam melakukan persiapan dan kesiapan personel Polresta Banyuwangi, dan melakukan Operasi Ketupat Semeru dalam penyekatan dan pengamanan mudik Hari Raya Idul Fitri 2021.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin memaparkan soal penyekatan pemudik di Pelabuhan Ketapang. "Ada 5 cek poin yang kita dirikan. Sementara di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi kita lakukan pengamanan ketat. Ada pula rapid antigen juga kita lakukan untuk sopir logistik," paparnya, Sabtu (8/5/2021).

Sementara Brigjen Pol Heri Wahono mengatakan, hasil pengawasan yang dilakukan Polresta Banyuwangi sangat baik. Ini dibuktikan dengan penempatan pos pengaman dan pos pelayanan yang sesuai. Selain itu ada 5 pos penyekatan yang sudah berjalan dengan optimal.

"Banyuwangi cukup bagus dalam melaksanakan Operasi Ketupat ini, yang dibuktikan dengan indikator palayanan yang cukup bagus. Termasuk dalam penyebaran personel dan pelayanannya," ungkap Brigjen Heri Wahono kepada wartawan.

Hal yang sama diungkapkan Brigjen Yusuf. Menurutnya, kondisi Pelabuhan Ketapang sangat sepi dari kendaraan pemudik. Ini membuktikan koordinasi antarwilayah sudah berjalan. Sehingga sama-sama memfilter kendaraan pemudik yang akan melintas.

"Sosialisasi yang dilaksanakan cukup baik, kita lihat bersama di sini yang melintas hanya kendaraan logistik, dan koordinasi antarwilayah juga bagus. Karena kedua wilayah sudah memfilter kendaraan yang akan menyeberang dari Jawa menuju Bali ataupun sebaliknya," ungkap Brigjen Yusuf.

Selama pemberlakuan larangan mudik 2021, pelabuhan Ketapang terpantau lengang. Sebelum masuk pelabuhan, masyarakat yang akan menuju Bali harus melewati 4 pos penyekatan yang ada di perbatasan.

(sun/bdh)