H-5 Lebaran, Pajak Central Medan Dipadati Warga Berburu Baju Baru

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 13:54 WIB
Suasana Pajak Central Medan di H-5 Lebaran (Datuk-detikcom)
Foto: Suasana Pajak Central Medan di H-5 Lebaran (Datuk-detikcom)
Medan -

Pasar Pusat Pasar atau Pajak Central, Medan, dipadati warta menjelang hari raya Idul Fitri. Warga memenuhi pasar tersebut untuk berburu baju baru.

Pantauan detikcom di Pajak Central, Medan, Sabtu (8/5/2021), terlihat para pengunjung memadati lorong-lorong yang ada di Pajak Central. Pengunjung tampak berbelanja pakaian, perlengkapan rumah hingga kue lebaran.

Ada sebagian pengunjung yang tak memakai masker. Tak ada jaga jarak antara satu pengunjung dengan pengunjung lain ataupun dengan pedagang di tengah pandemi Corona ini.

Salah satu pengunjung, Kamariah, mengatakan dirinya sengaja ke Pajak Central untuk membeli pakaian Lebaran. Dia datang bersama keluarganya.

"Mau belanja untuk Lebaran," sebut Kamariah yang merupakan warga Deli Serdang.

Suasana Pajak Central Medan di H-5 Lebaran (Datuk-detikcom)Suasana Pajak Central Medan di H-5 Lebaran (Datuk-detikcom)

Dia memilih berbelanja di Pajak Central karena harga yang murah meriah. Dia menyebut harga di Pajak Central bisa ditawar.

"Iya harganya terjangkau dan bisa tawar-menawar," sebut Kamariah.

Salah satu pedagang pakaian, Anas, menilai jumlah pengunjung memang meningkat. Tapi, jumlah tersebut masih lebih rendah dibanding masa sebelum COVID-19 melanda.

"Jauh kali berbeda (sebelum pandemi). Dulu pembelinya dari luar Kota Medan ada dari Siantar, Balige, Tarutung serta juga dari Aceh dan Riau," sebut Anas.

Anas mengaku hanya menjual stok pakaian yang ada. Dia menyebut tak banyak jenis atau motif pakaian yang dijajakannya karena jumlah pembeli menurun.

"Kalau tahun sebelumnya jelang lebaran udah ganti motif dan lain-lain. Tapi ini jual stok aja. Obral lagi. Biasanya lebih Rp 10 juta, sekarang Rp 5 juta aja sudah syukur," ujar Anas.

Suasana Pajak Central Medan di H-5 Lebaran (Datuk-detikcom)Suasana Pajak Central Medan di H-5 Lebaran (Datuk-detikcom)

Anas menyebut penyekatan mudik dari pemerintah menjadi salah satu penyebab minimnya orang berbelanja ke Medan.

"Berdampak. Dari Aceh nggak bisa lagi ke mari. Langganan kita kebanyakan dari Aceh. Umumnya dari Aceh," sebut Anas.

Pedagang kue, Ratna, juga mengeluhkan jumlah pembeli yang turun. Dia menilai hal ini dipicu larangan warga bepergian ke luar daerah.

"Sepi kali. Biasanya dari Aceh ada yang belanja. Karena tutup jalan, dari Aceh nggak boleh ke Medan," ucap Ratna.

Selain di Pajak Central, pengunjung juga berburu perlengkapan lebaran di Medan Mall. Tampak para pengunjung memadati pusat perbelanjaan yang masih satu area dengan Pajak Central tersebut.

(haf/haf)