Anies Sebut Pasar Tanah Abang Relatif Normal Hari Ini

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 13:40 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan tinjau Pasar Tanah Abang
Gubernur DKI Anies Baswedan meninjau Pasar Tanah Abang (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini. Anies menyebut kondisi Pasar Tanah Abang kini relatif normal.

Anies tiba di Pasar Tanah Abang pukul 11.20 WIB. Anies didampingi para jajaran Pemprov memantau langsung suasana Pasar Tanah Abang.

"Akhir pekan lalu memang terjadi lonjakan dan sesudah itu, hari Senin sampai dengan hari ini relatif normal kembali ke 30 ribu per hari. Sabtu-Minggu kemarin sempat 87 ribu dan 100 ribu," kata Anies di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (8/5/2021).

Anies menilai membeludaknya pengunjung akhir pekan lalu karena pembatasan bepergian belum diterapkan. Dia memastikan Pemprov DKI akan terus mengawasi Pasar Tanah Abang ini agar jumlahnya terkendali dan tidak menimbulkan kerumunan.

"Tampaknya memang banyak yang berbelanja mengantisipasi sebelum masa bepergian diterapkan pembatasan bepergian. Jadi akhir pekan ini kita melihat cukup landai dari pagi sampai sekarang, tapi kita pantau terus, petugas tetap bertugas seperti biasa untuk mengendalikan pergerakan kendaraan ke kawasan Tanah Abang termasuk juga pergerakan masyarakat yang masuk ke pasar. Jadi dikendalikan, memastikan jumlahnya terkendali, protokol kesehatannya dilaksanakan," ujarnya.

Lebih lanjut Anies meminta seluruh pengunjung pasar Tanah Abang untuk membawa tas sebagai wadah belanjaan. Selain itu, Anies meminta pengunjung tetap mematuhi prokes dan tidak menumpuk di satu toko saja,

"Saya meminta kepada semua, nomor satu bawa tas sendiri supaya mengurangi plastik. Yang kedua bawa masker, pakai masker. Yang ketiga, bila datang tempatnya penuh, maka pindah, cari tempat yang longgar, sehingga belanjaannya tidak berpotensi terjadi penularan dan insyaallah bisa Lebaran dalam kondisi sehat," imbuhnya.

Seperti diketahui, membeludaknya Pasar Tanah Abang sebelumnya terjadi pada Sabtu (1/5) dan Minggu (2/5) sore. Pemprov DKI menilai pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang pada Sabtu lalu jumlahnya hampir 200 persen dari kapasitas.

"Kasus yang kemarin hari Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas dari Pasar Tanah Abang," kata Sekda DKI Marullah Matali dalam sambutan apel pengamanan Pasar Tanah Abang di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

(eva/eva)