Round-Up

Buka-bukaan Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 04:11 WIB
SIM Negara Kekaisaran Sunda Nusantara milik pengemudi Pajero.
Foto: SIM 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' milik pengemudi Pajero. (Dok.Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Rusdi Karepesina (55) buka-bukaan soal Kekaisaran Sunda Nusantara yang diklaimnya sebagai sebuah negara. Rusdi mengklaim Kekaisaran Sunda Nusantara adalah sebuah negara yang sah dan telah mendapat keputusan dari mahkamah internasional.

Sebagai sebuah 'negara', Kekaisaran Sunda Nusantara memiliki wilayah teritorial. Lalu, di manakah wilayah Kekaisaran Sunda Nusantara ini?

"Ini teritorial yang Bapak injak ini teritorial Kekaisaran, Pak," kata Rusdi saat dihubungi detikcom, Kamis (6/5/2021).

Kekaisaran Sunda Nusantara juga memiliki kantor. Kantornya disebut terletak di wilayah Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Depok.

"Kantornya di Tangerang, tapi sudah ditarik di rumah pimpinan kita di Depok," ujarnya.

Meski mengakui sebagai warga Kekaisaran Sunda Nusantara, namun Rusdi juga memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) RI.

"Saya punya identitas, ada warga negara Indonesia semua ada. Tapi putusan mahkamah internasional kita udah miliki itu juga Kekaisaran itu," tambahnya.


Dipimpin Panglima MASA

Meski namanya Kekaisaran Sunda Nusantara, namun pemimpinnya bukan seorang kaisar. Kekaisaran Sunda Nusantara disebutnya dipimpin oleh Panglima Majelis Agung Sunda Archipelago (MASA).

"Nggak ada kaisarnya cuman ada Panglima Majelis Agung Archipelago. Itu perpanjangan tangan dari Kekaisaran. (Pemimpinnya) Alex Ahmad Hadi Ngala," kata Rusdi saat dihubungi detikcom, Kamis (6/5/2021).

Di Kekaisaran Sunda Nusantara ini, Rusdi sendiri dipercaya menjabat sebagai Jenderal Pertama Tentara Kekaisaran Sunda Nusantara (TKSN). Lagi-lagi, ia mengklaim bahwa struktur kepemimpinan di Kekaisaran Sunda Nusantara itu telah disahkan di mahkamah internasional.

"Saya sesuai dengan apa yang tertera, diberikan oleh pemimpin kita dan semua itu sudah kita laporkan ke mahkamah internasional," ujarnya.

Simak video 'Sederet Gambar 'Kekaisaran Sunda Nusantara' di Mobil Pajero SN-45-RSD':

[Gambas:Video 20detik]



Simak pengakuan lain Rusdi Karepesina soal Kekaisaran Sunda Nusantara, di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3