Begini Cara 'Jenderal' Peroleh Kartu Identitas Kekaisaran Sunda

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 14:12 WIB
SIM Negara Kekaisaran Sunda Nusantara milik pengemudi Pajero.
SIM 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' milik pengemudi Pajero. (Dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Rusdi Karepesina (55) memiliki sejumlah kartu identitas sebagai warga 'Kekaisaran Sunda Nusantara' saat ditilang polisi di Tol Cawang. Dari mana asal-usul kartu identitas tersebut?

Selain kartu identitas, Rusdi Karepesina memegang STNK dan SIM yang diterbitkan 'Kekaisaran Sunda Nusantara'. Surat-surat tersebut diklaim sah oleh Rusdi Karepesina.

"Kalau kemarin kita tanya, mereka bilang bikin sendiri. Lalu mengklaim itu bisa menjadi dokumen untuk kendaraannya dia," kata Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal saat dihubungi detikcom, Kamis (5/5/2021).

Menurut Akmal, dari keterangan yang diperoleh pihaknya, surat-surat identitas itu ada yang dikeluarkan pada 2017-2019. Namun hingga kini polisi masih mendalami temuan surat-surat tersebut.

"Itu yang masih kita dalami karena ya bisa aja itu gangguan psikis menganggap ada negara. Tapi itu buat sendiri karena beda-beda, ada yang pangkatnya bintang 2 suka-suka mereka aja," jelas Akmal.

Lalu, apa kata Rusdi Karepesina perihal kartu identitas miliknya yang sempat disita polisi?

Rusdi mengaku kartu-kartu itu memang sah lewat aturan Kekaisaran Sunda Nusantara. Bahkan dia mengaku mobil berpelat nomor SN-45-RSD sering dikemudikannya satu tahun terakhir.

"Selama ini saya pakai mobil itu hampir satu tahun mondar mandiri nggak apa-apa kok. Mobil yang (pelat nomor) SN itu baru kali pertama ditilang," ujarnya.

Saat ditanya siapa yang mengeluarkan surat-surat tersebut, Rusdi hanya berkelit surat itu sah menurut aturan Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Tapi kan itu menurut Kekaisaran sah dan resmi dari Kekaisaran," ungkapnya.

Untuk diketahui, polisi menilang kendaraan Rusdi di Tol Cawang hari ini. Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan pihaknya memberhentikan mobil pelaku karena melihat nomor kendaraan tidak sesuai aturan yang berlaku.

Polisi pun tidak menemukan surat kendaraan resmi dari pelaku. Saat diperiksa, Rusdi mengaku sebagai warga dari Kekaisaran Sunda Nusantara.

Simak video 'Sederet Gambar 'Kekaisaran Sunda Nusantara' di Mobil Pajero SN-45-RSD':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)