detikcom Do Your Magic

Perbaikan Longsor Tanjung Burung Kabupaten Tangerang Tinggal 'Finishing'

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 17:31 WIB
Perbaikan Jl Tanjung Burung Kabupaten Tangerang yang longsor. (Dok Pemkab Tangerang)
Perbaikan Jl Tanjung Burung Kabupaten Tangerang yang longsor. (Dok. Pemkab Tangerang)
Kabupaten Tangerang -

Perbaikan longsor di Jl Raya Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang, mulai memasuki tahap akhir alias finishing. Sebentar lagi, warga bakal bisa kembali melewati jalan pinggir Sungai Cisadane ini.

"Rencananya penanganan darurat hari ini selesai," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Slamet Budhi Mulyanto kepada detikcom, Kamis (6/5/2021).

Alat berat stoom menggilas permukaan jalan yang telah diberi material bebatuan pengerasan jalan. Perbaikan jalan ini digolongkan sebagai 'penanganan darurat' karena merupakan bagian penanganan bencana, yakni bencana longsor.

Dihubungi terpisah oleh detikcom, Kepala Desa Tanjung Burung Idris Efendi mengabarkan perbaikan longsor di Jl Tanjung Burung ini tinggal sedikit lagi selesai dikerjakan.

"Sudah 80%," kata Idris.

Perbaikan Jl Tanjung Burung Kabupaten Tangerang yang longsor. (Dok Pemkab Tangerang)Perbaikan Jl Tanjung Burung Kabupaten Tangerang yang longsor. (Dok. Pemkab Tangerang)

Longsor di lokasi ini terjadi pada 13 Maret lalu. Jalan yang masih longsor dan diperbaiki itu adalah akses menuju enam kampung di Desa Tanjung Burung. Perbaikan dilakukan Pemkab Tangerang setelah mendapatkan rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR. Perbaikan sudah dimulai sejak 19 April.

Pemkab Tangerang juga membangun jalan alternatif di dekat lokasi ini, agar akses warga tidak terganggu.

(dnu/dnu)