Bukan Kaisar, Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara Ungkap Sosok Pemimpinnya

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 11:34 WIB
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di Negara Kekaisaran Sunda Nusantara (Dok Polda Metro Jaya)
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' (Foto: dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Rusdi Karepesina (55) diperiksa polisi karena mengemudikan mobil Mitsubishi Pajero berpelat biru dengan nomor SN-45-RSD. Saat diperiksa, Rusdi Karepesina mengaku sebagai jenderal pertama 'Kekaisaran Sunda Nusantara'.

Rusdi Karepesina buka suara soal Kekaisaran Sunda Nusantara. Lantas apa sebenarnya Kekaisaran Sunda Nusantara ini?

"Bukan (perkumpulan), itu kekaisaran," kata Rusdi Karepesina saat dihubungi detikcom, Kamis (6/5/2021).

Menurut Rusdi, kedudukan Kekaisaran Sunda Nusantara telah disahkan melalui mahkamah internasional. Hanya, Rusdi enggan membeberkan lebih lanjut soal awal mula pendirian Kekaisaran Sunda Nusantara ini.

"Putusan mahkamah internasional Sunda Nusantara sudah menang. Yang lebih jelasnya silakan tanya ke pimpinan saya," katanya.

Lantas Kekaisaran Sunda Nusantara ini ada di mana?

"Ini teritorial yang Bapak injak ini teritorial Kekaisaran, Pak," jawab Rusdi.

Rusdi mengatakan, Kekaisaran Sunda Nusantara memiliki semacam 'kantor pemerintahan'. Sebelum dipindahkan ke Depok, kantor Kekaisaran Sunda Nusantara ini diakuinya berada di Tangerang.

"Kantornya di Tangerang, tapi sudah ditarik di rumah pimpinan kita di Depok," ucapnya.

Kekaisaran Sunda Nusantara di mana? Simak selengkapnya di halaman selanjutnya