Ketua MPR Puji Pegokar Cilik Juara 1 Mini Kerjurnas Gokart Eshark Rok Cup

Abu Ubaidillah - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 13:32 WIB
MPR RI
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengaku bangga dengan prestasi pegokar cilik, Qarrar Firhand Ali usai menjuarai 1 mini dan meraih fastest lap pada putaran 1, 2, dan 3 di Kejuaraan Nasional Gokart Eshark Rok Cup 2021.

Pebalap berusia 10 tahun ini direncanakan akan terbang ke Italia pada 9 Mei 2021 untuk bergabung dalam intrepid driver program. Sebuah program yang telah melahirkan banyak pembalap hebat Formula 1 seperti Mark Verstappen (Red Bull), Charles Leclerc (Ferrari), dan George Russell (Williams Racing).

Bamsoet menjelaskan Qarrar akan berlatih sekaligus mengikuti berbagai event gokar internasional, di antaranya Italian Championship sebanyak 3 putaran, World Series Karting sebanyak 2 putaran, dan Italian Rok Cup Championship sebanyak 1 putaran. Pada 2022, ia rencananya mulai bermukim di Italia, mengikuti World Karting International Event Championship dan International Draft Karting Racer Selection.

"Semakin mendekatkan dirinya bergabung dalam tim balap internasional. Sehingga kelak bisa terjun mewakili Indonesia dalam kejuaraan balap bergengsi Formula 1," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021).

Pernyataan tersebut disampaikan ketika menerima Qarrar di Jakarta. Ia menjelaskan di usianya yang masih muda Qarrar telah banyak menoreh prestasi. Memulai debut pada 2018 di Kejurnas Eshark di Sentul, ia mampu finish kedua di kelas Cadet. Bahkan tercatat sebagai the rising star. Qarrar juga pernah menjadi juara 1 Cadet Rock Overall dalam Kejuaraan Nasional Gokart Eshark Rok Cup 2020.

"Di tingkat internasional, berbagai prestasi pernah ia torehkan. Antara lain juara 1 Cadet Rok Overall Asia Rok Cup Round 1 dan Round 4 di Singapura tahun 2019," jelasnya.

Ia mengungkapkan keberangkatan Qarrar dan timnya ke Italia menggunakan sport visa, yang memungkinkan mereka tak perlu menjalani karantina selama 14 hari di sana. Dengan catatan tetap melakukan tes PCR dan hasilnya nonreaktif. Menurutnya para pebalap dan official team yang telah dinyatakan nonreaktif COVID-19 selain bisa langsung melakukan kegiatan olahraga juga bisa menikmati kegiatan sport tourism di Italia.

"Indonesia bisa mencontohnya sehingga para atlet dan official team yang datang dari luar negeri, juga bisa menikmati lebih banyak destinasi Sport Tourism di berbagai daerah di Indonesia. Menggerakan lebih banyak ekonomi rakyat, tanpa perlu mengorbankan sektor kesehatan," pungkasnya.

Sebagai informasi, hadir di kegiatan tersebut antara lain ayahanda Qarrar Firhand Ali, Firhand Ali serta manajer Jimmy Akbar dan Faris Lutfi. Turut hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Penasihat Robert Kardinal, Badan Pengawas Syamsul Bahri, Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Judiarto, Direktur IT dan Digital Marketing Teuku Sultan Azwar, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri.

(prf/ega)