Rumah Bawah Tanah Kakek Zainuddin Dinilai Berbahaya, Ditegur Kades-Babinsa

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 12:54 WIB
Rumah di bawah tanah kakek di Bone, Sulsel.
Rumah bawah tanah yang digali Kakek Zainuddin di Bone, Sulsel (dok. Istimewa)
Bone -

Kakek Zainuddin di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, ditegur kepala desa dan Babinsa karena menggali rumah di bawah tanah. Sebab, galian dan konstruksi rumah bawah tanah itu dinilai berbahaya bagi orang lain.

"Artinya, saya sudah sampaikan, nggak usah dilanjutkan. Kalau perlu ditutup saja itu yang sudah digali, jangan sampai ada orang jatuh nanti," kata Kepala Desa Awang Cenrana, Abdul Hamid, kepada detikcom, Kamis (6/5/2021).

Hamid mengatakan larangan itu disampaikan lantaran proyek rumah bawah tanah yang hanya dikerjakan dengan alat seadanya, seperti cangkul dan sekop pasir. Kakek Zainuddin pun disebut sudah setuju tak melanjutkan proyek rumah bawah tanah yang sempat viral tersebut.

"Iya (responsnya) bersedia, katanya begitu. Dia bilang itu saja, bilang iya," ujar Hamid.

Hamid juga mengatakan, kakek Zainuddin diduga membuat proyek rumah bawah tanah itu dengan tanpa perencanaan yang jelas. Sebab, ide kakek Zainuddin membuat rumah bawah tanah itu hanya berawal dari ide membuat kolam ikan yang akhirnya malah berujung jadi rumah bawah tanah.

Selain itu, kakek Zainuddin juga telah ditemui oleh seorang keponakannya. Keponakannya itu kemudian diminta ikut memperingatkan kakek Zainuddin.

"Tapi itu, artinya keponakannya juga mengerti bahwa pamannya tidak sehat. Jadi nanti keponakannya juga yang ingatkan," kata Abdul Hamid.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Cerita Kakek Bangun Rumah Bawah Tanah Modal Bercangkul 2 Tahun

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2