'Jenderal Kekaisaran Sunda' Ternyata Pengusaha di Duren Sawit

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 20:16 WIB
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di Negara Kekaisaran Sunda Nusantara (Dok Polda Metro Jaya)
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' (Dok Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Pengemudi mobil Pajero, Rusdi Karepesina (55), diamankan polisi lantaran pelat nomor mobilnya tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Rusdi Karepesina juga mengaku sebagai jenderal muda di Negara Kekaisaran Sunda Nusantara. Seperti apa sosok Rusdi Karepesina?

detikcom menelusuri tempat tinggal Rusdi Karepesina di Duren Sawit, Jakarta Timur. Ketua RT di tempat tinggalnya, Arif Indra, membenarkan bahwa Rusdi Karepesina adalah salah satu warganya dan sehari-hari bersosialisasi dengan warga.

"Oh aktif, karena dia jadi kepala keamanan RT saya. Iya, jadi seksi keamanan di pegang beliau," kata Arif Indra saat dihubungi, Rabu (5/5/2021).

Arif mengetahui Rusdi Karepesina adalah seorang pengusaha. Hanya saja Arif mengaku tidak tahu usaha yang dibidangi oleh Rusdi Karepesina ini.

"Setahu saya pengusaha, makanya punya masjid, tahunya begitu, dia punya masjid di Ambon," kata Arif.

Arif mengatakan Rusdi sering kali menjadi pemandu bagi satpam yang berjaga di sekitar kompleks. Bahkan, kata Arif, Rusdi turut aktif menangani tindak kriminal yang terjadi sekitar tempat tinggalnya.

"Iya, jadi seksi keamanan di pegang beliau dan satpam saya beliau yang pandu. Misalnya pernah ada pencurian kabel PLN kalau di gardu RT saya beliau yang nangani juga, ada pencurian mobil segala macam juga dia bantu," kata Arif.

Arif menerangkan Rusdi merupakan seorang warga yang cukup teladan di lingkungannya. Rusdi sudah tinggal di Duren Sawit sejak 10 tahun yang lalu.

"Artinya warga biasa-biasa yang cukup teladanlah untuk negosiasi dengan RT lain, misalnya masalah portal dan lain-lain," tuturnya.

detikcom juga sempat mendatangi rumah Rusdi. Namun, saat didatangi, rumah Rusdi tampak sepi.

Tidak terlihat aktivitas di rumah bercat hijau itu. Di depan rumah Rusdi, terlihat sebuah logo 'Kekaisaran Sunda Nusantara' dengan lambang belati.

Diketahui, polisi menilang Rusdi pukul 11.00 WIB di Jalan Tol Cawang. Saat itu kendaraan yang dikemudikannya memasang pelat nomor polisi yang tidak sesuai aturan, yakni SN-45-RSD.

Saat melakukan pemeriksaan, polisi menemukan banyak identitas Rusdi yang mengaku sebagai jenderal dari Kekaisaran Sunda Nusantara. Hingga kini polisi masih mendalami asal-usul Kekaisaran Sunda Nusantara yang disebut oleh Rusdi.

detikcom menerima sejumlah foto identitas dari Rusdi. Dari foto-foto tersebut diketahui pangkat Rusdi sebagai jenderal muda di Kekaisaran Sunda Nusantara. Pada identitas yang tertera Rusdi menjabat sebagai jenderal muda Imperial Army of The Empire of The Sunda Archipelago atau Tentara Kekaisaran Sunda Nusantara (TKSN).

Simak video 'Pemobil Bernopol Nyeleneh Ditilang, Ngaku Jenderal Kekaisaran Sunda':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)