Polisi Dalami Pengakuan Pemobil Pajero soal Kekaisaran Sunda Nusantara

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 17:23 WIB
Jakarta -

Polisi masih memeriksa Rusdi Karepesina (55), pemobil Pajero Sport yang mengaku sebagai jenderal dari Kekaisaran Sunda Nusantara. Polisi kini masih menggali keterangan Rusdi Karepesina soal Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Tentu apa dan siapa, mengapa dirinya ada di organisasi ini nanti akan didalami lagi. Tapi yang bersangkutan mengaku sebagai Jenderal dari Tentara Kekaisaran Sunda Nusantara. Dia jenderal bintang dua," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Gedung Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Sambodo mengatakan pihaknya kini berkoordinasi dengan penyidik Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya untuk menggali keterangan soal Kekaisaran Sunda Nusantara. Dia menyebut Rusdi Karepesina kini masih menjalani pemeriksaan di Subdit Kamneg (Keamanan Negara).

"Diperiksa di Kamneg," imbuh Sambodo.

Sejauh ini belum banyak keterangan soal Kekaisaran Sunda Nusantara yang disampaikan oleh Rusdi kepada pihaknya saat dilakukan pemeriksaan awal. Rusdi hanya mengaku sebagai jenderal di kekaisaran tersebut.

"Saya nggak tahu itu ibu kota kerajaan di mana, siapa rajanya, siapa Dirlantas-nya saya juga nggak tahu," ujar Sambodo.

Menurut Sambodo, sejak ditilang di Tol Cawang pada pukul 11.00 WIB, Rusdi ngotot tidak bersalah. Padahal saat itu Rusdi tidak mampu menunjukkan surat-surat keterangan berkendara resmi seperti yang dikeluarkan Polri.

Lebih lanjut Sambodo mengatakan, selain menggali asal-usul Kekaisaran Sunda Nusantara, polisi kini tengah berkoordinasi dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya untuk memastikan kondisi kesehatan kejiwaan dari Rusdi Karepesina.

"Jangan sampai ada gangguan kejiwaan apakah dia disorientasi atau delusi yang justru nanti akan sangat membahayakan para pemakai jalan lainnya karena bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas," pungkas Sambodo.

(mei/fjp)