Ingat! Semua Transportasi untuk Mudik Dilarang Beroperasi Mulai Besok

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 19:15 WIB
Volume pemudik di Terminal Bayangan Lebak Bulus, Jakarta, cenderung menurun. Hal ini karena adanya larangan mudik 6-17 Mei 2021.
Ilustrasi mudik. (Ari Saputra)
Jakarta -

Pemerintah resmi melarang operasi semua moda transportasi umum untuk kepentingan mudik mulai besok, Kamis, 6 Mei 2021. Petugas juga akan melakukan penyekatan di perbatasan wilayah.

"Pada masa peniadaan mudik tersebut (6-17 Mei 2021), semua pengoperasian transportasi untuk kepentingan mudik akan dilarang," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).

Meski demikian, Adita mengatakan tidak semua moda transportasi dilarang beroperasi. Ada pengecualian bagi kegiatan nonmudik, seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menhub.

"Masih ada moda transportasi yang beroperasi untuk melayani kegiatan yang dikecualikan, seperti diatur di dalam Permenhub Nomor 13 Tahun 2021," jelasnya.

Dalam Peraturan Menhub Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 tersebut, mengatur transportasi yang dapat beroperasi untuk melayani kepentingan bukan mudik.

Kepentingan nonmudik ini di antaranya bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal. Izin juga akan diberikan kepada ibu hamil yang didampingi 1 anggota keluarga, kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang, pelayanan kesehatan darurat, dan kepentingan nonmudik tertentu lainnya. Kepentingan nonmudik tertentu lainnya ini harus dilengkapi surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah setempat.

Adita mengatakan angkutan logistik akan berjalan seperti biasa. Begitu juga kebutuhan alat kesehatan dan obat-obatan.

"Angkutan logistik/barang seperti angkutan pengangkut bahan-bahan kebutuhan pokok, barang-barang penting untuk kegiatan ekonomi, obat-obatan, dan alat-alat kesehatan, juga akan berjalan seperti biasa," ucap Adita.

Adita menambahkan pemerintah memberikan izin operasional bagi transportasi yang melayani kawasan aglomerasi. Pertama, ada di kawasan Medan Raya yaitu Medan, Binjai, Deli, Serdang, dan Karo (Mebidangro).

Kemudian di wilayah Jabodetabek, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kemudian operasional transportasi di Bandung Raya.

Simak juga 'Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Merak Saat Pengetatan Mudik Capai 48%':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2