Hari Anak Korsel 5 Mei: Sejarah dan Cara Artis Merayakannya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 15:24 WIB
Anak belajar
Ilustrasi anak-anak (Foto: iStock)
Jakarta -

Setiap 5 Mei, Korea Selatan memperingati perayaan Hari Anak. Perayaan diwarnai sejumlah kegiatan, termasuk donasi yang dilakukan sejumlah selebriti terkenal Negeri Ginseng.

Seperti apa sejarah dan perayaan Hari Anak di Korea Selatan?

Sejarah Hari Anak Korsel

Melansir dari laman berita Korea Herald, Hari Anak Korea Selatan pertama kali diperkenalkan pada 1923 oleh aktivis kemerdekaan dan hak anak Bang Jeong-hwan. Pertama kali pada 5 Mei 1945 Korea merayakan momen tersebut.

Pada 1961, Hari Anak berada di bawah status hukum Undang-Undang Kesejahteraan Anak dan kemudian ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional pada 1975.

Menurut UU tersebut, Hari Anak ditetapkan agar anak-anak tumbuh menjadi jujur, menyenangkan, bijaksana dan berani, dengan meningkatkan semangat mencintai dan melindungi anak-anak.

Di momen itu, banyak kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat Korea Selatan, seperti pergi ke taman hiburan, kebun binatang hingga piknik.

Selebriti Rayakan Hari Anak dengan Donasi

Tak hanya anak-anak yang bersuka cita merayakan Hari Anak, sejumlah selebriti Korea Selatan ikut bersukacita menyambutnya dengan memberikan donasi.

Melansir dari Soompi, berikut deretan selebriti Korea Selatan yang turut rayakan Hari Anak dengan berdonasi:

1. Suzy

Suzy menyumbangkan 100 juta dolar won (Rp 1,2 miliar) untuk anak-anak di panti asuhan bernama Happy Sharing Taekwondo Federation. Donasi akan digunakan untuk menghidupi anak-anak di panti asuhan yang tidak lagi dapat dilindungi di lembaga kesejahteraan anak.

2. J-Hope 'BTS'

Melalui ChildFund Korea, sebuah organisasi pengembangan anak-anak, J-Hope BTS juga menyumbangkan 100 juta dolar won (Rp 1,2 miliar) untuk mencegah kekerasan anak-anak di Tanzania di momen Hari Anak Korsel.

3. Kim Go Eun

Pemain drama 'Cheese in The Trap', 'Goblin', hingga 'The King: Eternal Monarch' ini diketahui menyumbangkan uang sebesar 50 juta won (Rp 641 juta) ke Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul untuk mendukung anak-anak dan mereka yang secara finansial kekurangan.

"Saya berharap anak-anak ini bisa segera pergi ke sekolah dan bertemu dengan teman-temannya. Saya berharap donasi yang tidak seberapa ini bisa membantu dan saya ingin terus memberikan dukungan materi dan emosional untuk mereka," kata Kim Go Eun.

(izt/imk)