Jenis-jenis Babi yang Ada di Indonesia: Babi Kutil hingga Babi Berjenggot

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 11:11 WIB
silhouette pig in sunset
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/sakepaint)
Jakarta -

Dalam beberapa pekan ini, masyarakat dihebohkan dengan adanya isu babi ngepet di Depok, Jawa Barat. Rupanya, isu babi ngepet hanya rekayasa.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui akun Twitter resminya menyampaikan ada sejumlah jenis babi endemik di Indonesia. Ada enam jenis babi endemik Indonesia yang disampaikan KLHK.

"Halo #SobatHijau, sudah tahu belum jenis-jenis babi di Indonesia? Ternyata Indonesia punya loh jenis babi yang endemik. Satwa yang hanya ada di nusantara ini dikategorikan sebagai satwa langka dan statusnya Rentan (Vulnerable/VU) ditetapkan oleh IUCN," tulis KLHK seperti dilihat detikcom, Rabu (5/5/2021).

Berikut daftar jenis babi endemik Indonesia, ada yang namanya Babi Jenggot:

1. Babi Rusa (Babyrousa)
Babi tersebut merupakan satwa khas Sulawesi. Babi ini masuk dalam kategori hewan dilindungi undang-undang Permen LHK nomor P.106/2018.

2. Babi Rusa Togean (Babyrousa togeanensis)
Hewan ini masuk dalam jenis babi terbesar dalam spesiesnya. babi Rusa Togean merupakan hewan endemik Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Ciri jantan Babi Rusa Togean memiliki dua taring besar menembus kulit moncongnya. Ukuran taringnya dapat mencapai 30 centimeter.

3. Babi Rusa Buru (Babyrousa babyrussa)
Babi Rusa Buru ini hewan endemik dari Pulau Buru, Mangoli, Taliabu di Kepulauan Mauluku. Babi Rusa Buru jantan memiliki ciri khas taring di rahang atas berukuran pendek dan ramping, bersilang dengan taring rahang bawah di sisi mulu.

Status babi ini dikategorikan sebagai hewan rentan oleh Vulnerable/VU.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Gaduh Mitos Babi Ngepet

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2