H-1 Larangan Mudik, Begini Suasana Stasiun Gambir Pagi Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 10:26 WIB
Suasana Stasiun Gambir H-1 larangan mudik (Karin/detikcom)
Suasana Stasiun Gambir H-1 larangan mudik. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Larangan mudik Lebaran mulai berlaku besok. Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, pagi ini terlihat ramai oleh calon penumpang.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 09.30 WIB, Rabu (5/5/2021), suasana penumpang di ruang tunggu sebelum pintu masuk terlihat tak padat. Para penumpang tampak tidak saling berjejal.

Para penumpang terlihat membawa koper, kardus, serta tas gendong. Mereka tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Untuk layanan tes GeNose dan antigen di Stasiun Gambir sendiri terlihat sepi. Hanya ada beberapa calon penumpang yang melakukan GeNose dan antigen di Stasiun Gambir.

Berdasarkan layar pengumuman keberangkatan yang tertera di pintu keberangkatan Stasiun Gambir, hari ini ada satu kereta tambahan. Kereta tersebut merupakan rangkaian Solo Balapan yang diberangkatkan pukul 09.50 WIB. Guna mencegah kerumunan, para penumpang baru diizinkan untuk melakukan check in 30 menit sebelum keberangkatan.

Masuk ke dalam peron, suasana di Peron 3 juga terlihat ramai oleh penumpang. Para penumpang itu hendak menggunakan KA Tambahan jurusan Solo Balapan.

Suasana Stasiun Gambir H-1 larangan mudik (Karin/detikcom)Suasana di Peron 3 Stasiun Gambir H-1 larangan mudik. (Karin/detikcom)

Salah satu penumpang KA Tambahan jurusan Solo Balapan, Aris (40), sengaja mudik hari ini untuk menghindari larangan mudik pada 6 Mei 2021. Aris mudik bersama istri dan dua anaknya.

"Iya kalau hari ini kan belum diperketat, jadi mumpung masih bisa mudik hari ini jadi jalan. Kebetulan ada kereta tambahan juga," kata Aris.

Diketahui, berdasarkan data yang diterima detikcom, dari Stasiun Gambir hari ini akan memberangkatkan 5.781 penumpang. Dengan jumlah keberangkatan KA Jarak Jauh mencapai 19 KA.

Tonton juga Video: PT KCI Berharap Ada Evaluasi dari Operasional Pasar Tanah Abang

[Gambas:Video 20detik]

(man/man)