13 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir-Senen Hari Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 12:35 WIB
Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (Foto: Karin/detikcom)
Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (Karin/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, masih melayani kereta jarak jauh pada masa pengetatan mudik ini. Tercatat, hari ini lebih dari 13 ribu penumpang akan diberangkatkan dari kedua stasiun itu.

"Jumlah (penumpang) hari ini di Stasiun Senen sekitar 9.200 penumpang dan diberangkatkan 20 KA. Di Stasiun Gambir ada 14 KA diberangkatkan dan ada sekitar 4.200 penumpang KA yang diberangkatkan," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada wartawan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (30/4/2021).

Jumlah penumpang tersebut, kata Eva, sudah sesuai dengan batas maksimal kapasitas kereta. Dia menjelaskan, keterisian tempat duduk kereta maksimal 70 persen dari kapasitas.

"Penumpangnya hari ini itu okupansinya itu sekitar 70 persen. Tapi 70 persen ini dari kuota maksimal 70 persen, bukan total dari keseluruhan tempat duduk ya," kata Eva.

Sementara itu, untuk kereta api, Eva mengaku tidak ada penambahan armada. Jumlah perjalanan kereta api di kedua stasiun itu sama seperti pekan-pekan sebelumnya.

"Jadi jumlah perjalanan KA-nya tetap sama dengan pekan-pekan sebelumnya, sehingga kondisinya kurang-lebih seperti ini, baik dari sisi volume penumpang dan lainnya," kata dia.

Lebih lanjut, terkait tindak lanjut dari larangan mudik, Eva mengatakan KAI belum membuka penjualan tiket pada 6-17 Mei 2021. Namun, dia tidak dapat memastikan apakah kereta api di daerah operasionalnya akan setop beroperasi pada masa larangan mudik tersebut.

"Jadi misalnya gini, apakah nanti ada kereta yang akan beroperasi tidak, misalnya nanti kereta-kereta yang mungkin ada orang berkebutuhan khusus atau apa kita nggak tahu," kata dia.

"Kalaupun misalnya ada penjualan tiket, pasti akan ketat banget. Ketat dalam arti kalau dia mau keluar kota pasti mereka harus ada surat tugas dan lain-lain. Kita juga masih belum tahu nanti seperti apa aturannya, jadi untuk tanggal 6-17 Mei memang belum ada penjualan tiket KA Jarak Jauh," lanjut Eva.

Diberitakan sebelumnya, pagi ini, Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, tampak dipadati penumpang kereta. Para calon penumpang terlihat membawa tentengan, seperti kardus, koper, dan lain sebagainya.

Antrean untuk melakukan Genose Test maupun swab antigen di Stasiun Pasar Senen juga tampak mengular. Begitu pula dengan antrean di pintu keberangkatan.

Simak video 'Kemenhub Jelaskan Bahaya Mudik Naik Travel Gelap':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)