Polri Tambah Pos Penyekatan Mudik Jadi 381 Titik

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 16:16 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono
Kakorlantas Polri (Foto: Humas NTMC)
Jakarta -

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menambah titik penyekatan larangan mudik Lebaran 2021. Sementara awalnya ada 333 titik, kini Polri menambah pos penyekatan menjadi 381 titik di sembilan provinsi.

"Iya (pos penyekatan bertambah) jadi 381 titik," ujar Kakorlantas Polri Irjen Istiono melalui pesan singkat, Selasa (4/5/2021).

Istiono mengatakan penambahan titik penyekatan dilakukan supaya mobilisasi warga bisa dikendalikan. Dia berharap penyebaran COVID-19 bisa diantisipasi.

"Pengelolaan mobilisasi berkait dengan antisipasi penyebaran COVID-19 supaya lebih terkendali," tuturnya.

Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Rudi Antariksawan, mengatakan penambahan titik penyekatan dilakukan untuk membuat jalur alternatif pemudik semakin sedikit. Sebanyak 381 titik pos penyekatan tersebar dari Polda Sumatera Selatan (Sumsel) hingga Polda Bali.

"Tambahan jalur alternatif, biar rapat. Dari Polda Sumsel sampai Polda Bali," kata Rudi.

Rudi mengatakan pos penyekatan paling banyak berada di wilayah Polda Jawa Barat (Jabar), yakni 158 titik, disusul oleh Polda Jawa Tengah (Jateng) sebanyak 85 titik. Pos penyekatan paling sedikit ada di Polda Bali dengan hanya 5 titik.

Berikut daftar titik penyekatan di sembilan provinsi:

1. Polda Jabar: 158 titik
2. Polda Jateng: 85 titik
3. Polda Jatim: 74 titik
4. Polda Banten: 16 titik
5. Polda Metro Jaya: 14 titik
6. Polda DIY: 10 titik
7. Polda Sumsel: 10 titik
8. Polda Lampung: 9 titik
9. Polda Bali: 5 titik

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan melarang mudik Idul Fitri 2021. Pihak kepolisian telah membangun 333 titik pos penyekatan untuk mengantisipasi adanya pemudik.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengaku telah mengecek kesiapan pos penyekatan untuk menghalau pemudik saat Idul Fitri nanti. Istiono optimistis penyekatan mudik tahun ini lebih ketat dibandingkan sebelumnya.

"Saya pastikan untuk jalur utama dari Lampung sampai Bali dibangun 333 titik pos penyekatan. Dan, jalu-jalur tersebut sudah kita evaluasi dari pelaksanaan tahun lalu, sebelumnya dibangun 164 titik (pos penyekatan). Sekarang kita lipat gandakan," kata Istiono kepada awak media di pintu Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (14/4).

(haf/haf)