Round-Up

Konser di Jaksel Bikin Berang: Muncul Kerumunan Padahal Masih Dilarang

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 05:16 WIB
Jakarta -

Konser musik menimbulkan kerumunan di kawasan Jaksel bikin berang sejumlah pihak. Padahal hingga saat ini pemerintah pusat maupun Pemprov DKI masih melarang kegiatan konser secara langsung.

Kerumunan dalam konser musik itu viral di media sosial. Para pemain band tampak tidak mengenakan masker. Sejumlah penonton juga terlihat memadati lokasi.

Tak ada menjaga jarak antar penonton dan tidak mengenakan masker. Dalam keterangan video yang diunggah, lokasi konser itu berada di Cibis Park.

"Hal ini menjadi bahan evaluasi untuk Satgas COVID-19 Daerah untuk lebih bertindak antisipatif tidak hanya reaktif. Mohon kepada penyelenggara acara agar tidak menyelenggarakan acara yang jelas-jelas tidak mampu dikendalikan protokol kesehatannya. Penyelenggara akan dimintai pertanggungjawaban publik atas kegiatan yang membahayakan kesehatan masyarakat," Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi, Senin (3/5/2021).

Usai video konser musik itu viral, polisi mengecek ke lokasi dan melakukan olah TKP. Tampak Kasatpol PP Jaksel Ujang, Camat Pasar Minggu Arief Wibowo, hingga Lurah Cilandak Timur Sunardi meninjau lokasi.

Tampak salah satu polisi membawa banner warna putih bertulisan 'Cibis Park Ramadhan Fest 2021,12 April-9 May 2021, 15.00-21.00 WIB, Culinary Fashion & Accessories Home Appliances'.

Ujang mengungkapkan penyelenggara konser musik itu mengajukan izin kepada pihak pengelola untuk mengadakan bazar dan lomba marawis. Dia menyayangkan pihak pengelola tidak selektif sehingga kerumunan itu terjadi.

"Kita masih panggil penyelenggara event di sini. Kepada pihak Cibis sih izinnya bazar. Dan ada lomba marawisnya. Tentunya kita berharap ke depannya bagi yang punya tempat pihak manajemen untuk lebih selektif lagi, karena ini zaman pandemi. Apalagi di bulan puasa seperti ini yang berbau kerumunan, apalagi ada hiburan yang tentunya belum diperbolehkan, kita harapkan jangan dilaksanakan," ujar Ujang saat ditemui di Cibis Park.

Pemprov DKI melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengatakan tidak memberikan izin konser musik di Cibis Park, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pemprov DKI menegaskan masih melarang pergelaran kegiatan seni atau konser musik yang dilakukan secara langsung.

"Pertunjukan musik sampai dengan sekarang masih dilarang. Dipastikan kegiatan tersebut tidak memiliki izin atau persetujuan teknis dari kami," ujar Kepala Seksi Pengawasan Dinas Parekraf DKI Jakarta, Iffan.

Iffan menyebut soal konser di Cibis itu seharusnya pihak mal menyadari larangan konser. Dia juga mengatakan pihaknya tidak bisa memantau secara menyeluruh kegiatan di mal yang ada di Jakarta, karena keterbatasan SDM di Disparekraf.

"Memang itu bukan alasan, cuma sekali lagi bahwa kegiatan berlangsung tidak ada rekom (rekomendasi) dari kami," jelas Iffan.

Simak video 'Konser Musik di Cibis Park, Polisi: Izinnya Cuma untuk Bazar':

[Gambas:Video 20detik]