Round-Up

Maut Gegara Sianida Lagi-lagi Bikin Gempar Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 03:00 WIB
Nani Aprilliani Nurjaman, pegirim takjil beracun di Bantul
Foto: Pelaku Pemberi Sate Racun Sianida ke Anak di Bantul (PIUS ERLANGGA/detikcom)
Bantul -

Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) digegerkan dengan kasus sate beracun yang mengakibatkan seorang anak driver ojek online (ojol) tewas, Naba Faiz Prasetya (8). Setelah diperiksa racun yang terkandung dalam sate adalah sianida.

Usai seminggu lebih menyidik, polisi akhirnya mengungkap pemberi sianida pada sate yang membunuh Naba Faiz Prasetya. Pelakunya adalah seorang wanita.

"Setelah lidik empat hari berhasil mengerucut kepada seseorang dan pada hari Jumat (30/4) kami berhasil mengamankan NA, seorang pekerja swasta asal Majalengka," kata Direskrimum Polda DIY Kombes Burkan Rudy Satria saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Senin (3/5/2021).

Seperti diketahui pada 2016 lalu, kasus pembunuhan dengan racun sianida menyita perhatian publik. Dalam kasus itu pelaku yang bernama Jessica Kumala Wongso meracuni sahabatnya Wayan Mirna Salihin dengan sianida yang dimasukkan dalam gelas kopi vietnam korban di sebuah restoran di Jakarta Pusat (Jakpus).

Kembali ke kasus sate sianida, tersangka NA yang dimaksud polisi adalah Nani Aprilliani Nurjaman(25), warga Dusun Sukaasih, Desa Buniwangi, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang tinggal di Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Bantul, DIY.

Saat ini, kata Burkan, untuk Nani telah ditahan di Polres Bantul. Selain menangkap Nani, polisi juga mengamankan berbagai barang bukti, di antaranya dua unit motor matik, sepasang sandal, uang tunai Rp 30 ribu, kunci motor dan satu buah helm berwarna merah.

"Kemudian ada beberapa plastik kombinasi garis merah berisi 6 tusuk sate dan saus kacang. Kalau uang Rp 30 ribu itu yang dipakai untuk bayar ojolnya," katanya.

Seperti apa kronologi kasusnya? Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



Simak Video "Jerat Pasal Pembunuhan Berencana untuk Nani Peracik Takjil Sianida"
[Gambas:Video 20detik]