Tak Bisa Mudik Lebaran Jadi Dalih Pengunjung Belanja di Tanah Abang

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 12:21 WIB
Kondisi Pasar Tanah Abang, Jakpus pagi in.
Kondisi Pasar Tanah Abang pagi ini (Foto: Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat sempat dipadati pengunjung dua hari terakhir. Adanya larangan mudik menjadi alasan pengunjung berbelanja di Pasar Tanah Abang.

Salah seorang pengunjung bernama Iyus (53) mengaku memilih menghabiskan uangnya di Pasar Tanah Abang lantaran tidak bisa mudik lebaran tahun ini. Dia memakai uang transport mudik untuk belanja pakaian.

"Sebenernya si mau pulang, kan nggak bisa, yaudah duitnya buat belanja gitu. Kalau bisa pulang kan nggak belanja, buat ongkos. Berhubung ada larangan nggak boleh pulang ya saya belanja," kata Iyus saat ditemui di Blok B Pasar Tanah bang, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021).

Iyus biasanya mudik ke kampung halaman suaminya di Jawa Tengah saat lebaran. Namun karena ada larangan mudik, Iyus memilih untuk tidak mudik karena takut diputar balik.

"Biasa pulang tapi sekarang nggak. Takut ntar saya dibalikin lagi, capek-capekin," ujarnya.

Iyus menyampaikan dirinya tidak khawatir berbelanja di tengah pandemi COVID-19. Yang terpenting baginya menaati protokol kesehatan dan menggunakan masker.

"Ya kan jaga protokol, kita kan pakai masker, nggak lepas masker. Lumayan delapan (pakaian) sama celana. Buat anak cucu, bukan buat pribadi aja. Saya mah udah tua, paling sepotong lah sesetel. (Mudik) Ntar aja dah lebaran haji," tuturnya.

Menurut Iyus, kondisi pasar Tanah Abang saat ini tidak seramai dua hari terakhir. Iyus pun mengaku merasa lebih nyaman berbelanja hari ini.

"Sekarang mah nggak begitu ramai, ramaian kemarin. Alasannya nyamanan sekarang. Nggak (padat), kemaren-kemaren. Jauh sama kemaren karena kan nggak bisa lewat," ucapnya.

Sementara pengunjung lain bernama Aulia (40) juga mengaku berbelanja karena tidak bisa mudik ke kampung halaman. Dia akhirnya memilih berbelanja baju lebaran di Pasar Tanah Abang.

"Abis nggak bisa mudik. Buat beli baju lebaran," kata Aulia.

Selanjutnya
Halaman
1 2