Cerita Warga ke Tanah Abang Lebih Pagi Siasati KRL Tak Setop Sore Nanti

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 12:01 WIB
Jakarta -

KRL mulai sore ini tak berhenti di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Warga pun menyiasati datang lebih pagi ke Pasar Tanah Abang untuk berbelanja.

Seperti warga bernama Sari (40), dia dari Depok, Jawa Barat, datang ke Tanah Abang menggunakan KRL untuk belanja ke pasar. Dia pergi dari rumah sekitar pukul 08.00 WIB.

"(Ke Tanah Abang) Belanja ini ada pesenan mukena," kata Sari saat ditemui di lokasi, Senin (3/5/2021).

Dia menjelaskan alasan memilih belanja buat lebaran ke Pasar Tanah Abang. Menurutnya, belanja di Pasar Tanah Abang lebih murah jika dibandingkan dengan di pasar lainnya.

"Kalau di sini kan lebih murah. Soalnya kemarin udah ke Bogor, ternyata lebih mahal. Kalau di pasar sini lebih murah," ucapnya.

Warga pengunjung Pasar Tanah Abang.Warga pengunjung Pasar Tanah Abang. (Farih/detikcom)

Meski demikian, Sari mengaku khawatir dengan ramainya Pasar Tanah Abang. Dia pun tak berani mencari barang belanjaan hingga ke dalam pasar.

"Nah itu dia (nggak berani karena pandemi) berjubel-jubel juga rada ngeri juga sama keselamatan. Pas puasa baru dua kali tapi waktu awal kemarin nggak terlalu penuh. Karena sekarang mau Lebaran kali ya, penuh banget, tujuannya belanja karena Lebaran," katanya.

Dia sudah tahu, kerumunan yang terjadi pada Sabtu (1/5) kemarin berbuntut pada KRL yang tidak berhenti di stasiun Tanah Abang di jam tertentu. Sari menyiasati datang ke Tanah Abang dan pulang lebih awal agar tetap kebagian kereta.

"Iya (tahu), makannya berangkat pagi-pagi biar belanja jangan sampe jam 15.00 WIB. Biasanya saya pool sampe jam 17.00 WIB, jadi makannya dimajuin biar ngejar bisa pulang sekarang. Entar kalau udah jam 15.00 WI udah nggak bisa repot juga," jelasnya.

Sementara calon penumpang KRL yang juga dari Depok bernama Retno (40), juga telah mengetahui aturan jam operasi di Stasiun Tanah Abang. Dia mengaku tak masalah jika nantinya selesai belanja jam operasi KRL telah berlaku.

"Iya sudah tahu, tadi diingetin sama petugasnya cuma sampe jam 15.00 WIB. Baru nanti jam 19.00 WIB buka lagi. Paling ya nanti naik Grab (ojek online) aja ke Depok," katanya.

Dia menyebut datang ke Tanah Abang untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Retno pun membawa keluarganya untuk berbelanja ke Pasar Tanah Abang dengan berangkat pukul 09.00 WIB dari rumah.

"(Berangkat) Jam 09.00 WIB, sama keluarga, anak-anak, mantu, suami nggak ikut," ujarnya.

Seperti diketahui, Stasiun Tanah Abang mulai hari ini tidak akan menaik dan turunkan penumpang mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Hal itu diungkap oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

"Mulai hari Senin 3 Mei 2021 Stasiun Tanah Abang tidak melayani pengguna keluar/masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00," kata Syafrin melalui pesan singkat, Minggu (2/5).

Syafrin menjabarkan pelayanan penumpang dari arah Rangkasbitung, Parung Panjang. hingga Serpong, hanya sampai di Stasiun Palmerah. Kemudian untuk penumpang dari arah Bogor, Depok, Nambo-Angke, hingga Jatinegara PP tidak akan melayani naik-turun penumpang dari Stasiun Tanah Abang.

"Pengguna diwajibkan naik turun dari Stasiun Karet, Duri atau Angke," lanjut Syafrin.

(fas/idn)