Kawal Vaksinasi, Polsek Lingsar Antar Jemput Lansia ke Poskesdes

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 17:07 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Polresta Mataram beserta polsek jajaran sigap mengawal jalannya vaksinasi bagi lansia. Kali ini, giliran Polsek Lingsar yang memaksimalkan pengawalan kegiatan vaksinasi dengan upaya jemput bola di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Gegelang, Lingsar.

Kapolsek Lingsar Akp Dewi Komalasari mengatakan pengawalan kegiatan vaksinasi lansia di wilayah hukum Polresta Mataram bertujuan untuk meningkatkan capaian vaksinasi ini.

"Kami berupaya maksimal melaksanakan dan melanjutkan kegiatan pengawalan vaksinasi untuk lansia di Wilayah Hukum Polsek Lingsar,'' ungkap Dewi dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5/2021).

Lebih lanjut, Dewi mengatakan ada 11 orang Tim Vaksinator yang turun langsung memonitor pelaksanaan vaksinasi tahap I bagi Lansia di Poskesdes Gegelang. Ia menyebutkan, vaksinasi tahap I ini diikuti jumlah peserta sebanyak 91 orang.

Dari hasil screening yang dilakukan, katanya, sebanyak 72 orang Lansia lolos tes screening sementara sisanya 19 orang lansia tidak dapat divaksinasi karena faktor kesehatan.

"Kami juga mengamankan dan memonitor pelaksanaan vaksinasi agar pelaksanaannya sesuai prokes. Bhabinkamtibmas langsung memberikan pendampingan di lokasi,'' tuturnya.

Polda NTB Foto: Polda NTB

Dewi menjelaskan pengamanan serta monitoring yang dilakukan oleh jajaran Polsek Lingsar bertujuan untuk menjamin kelancaran proses vaksinasi.

Selain itu, Dewi mengungkap kerja sama dan peran serta kepala wilayah juga terlihat dengan keikutsertaan kepala wilayah dalam menjemput para lansia dari tempat tinggalnya menuju Poskesdes Lingsar. Ia mengatakan, lansia dari 3 dusun diantar dan dikawal oleh petugas dari Polsek Lingsar dengan menggunakan mobil.

Sebagai informasi, petugas juga mensosialisasikan kegiatan Kampung Sehat Jilid II yang diinisiasi Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal pada saat kegiatan vaksinasi berlangsung.

Polda NTB Foto: Polda NTB

Dewi pun meminta serta mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, ia menilai prokes merupakan cara ampuh untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Sekarang masih sedang berlangsung Lomba Kampung Sehat Jilid II. Tetap jangan lupa untuk mematuhi Protokol Kesehatan. Capaian vaksinasi lansia kita juga harus mencapai target,'' pungkas Dewi.

(akn/ega)