Viral Polisi Letuskan Tembakan Bubarkan Balap Liar di TMII, Ini Faktanya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 11:08 WIB
Aerial View of a traffic in Hanoi, Vietnam
Ilustrasi (iStock)
Jakarta -

Viral di media sosial aksi balap liar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim). Ada suara letusan senjata api dalam kejadian ini.

Dari video dan narasi yang beredar, ada pengendara sepeda motor yang melakukan balap liar dengan knalpot bisingnya. Seseorang yang diduga sebagai polisi pun berdiri di pinggir jalan menunggu pengendara yang melakukan balap liar itu melintas.

Ketika mendekat, orang itu menembakkan senjatanya ke arah bawah atau ban motor pengendara yang melakukan balap liar. Suara letusan ini terdengar beberapa kali.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan kejadian itu terjadi Sabtu (24/4/2021) minggu lalu.

"(Penembakan itu merupakan) aksi pembubaran balapan liar, (dengan) peluru hampa. (Balap liar ini) sudah berulang kali dilakukan pemuda-pemuda di TMII (Taman Mini Indonesia Indah)," ujar Erwin saat dihubungi, Minggu (2/5).

Erwin menambahkan, penembakan peluru hampa ini dilakukan karena masyarakat resah oleh aksi balap liar ini. Polisi, sambungnya, sering menerima laporan balap liar di daerah tersebut.

Dia pun berharap kegiatan balap liar ini dihentikan. Polisi, lanjutnya, akan rutin melakukan razia dan patroli agar kegiatan membahayakan ini tidak terulang.

"Laporan dari warga sangat meresahkan karena berulang-ulang terjadi. Namun kesadaran akan keselamatan diri sendiri dan menghargai warga masyarakat yang terganggu akibat aksi tersebut yang harus dikedepankan apalagi di tengah harapan, khususnya masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan," ucap Erwin.

Simak juga 'Puluhan Sepeda Motor Ditinggal Kocar-kacir Pemiliknya Saat Razia Balap Liar':

[Gambas:Video 20detik]



(sab/lir)