Anggota Dewan Minta Pemprov Awasi Ketat Pasar Tanah Abang Jelang Lebaran

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 06:32 WIB
Pasar Tanah Abang ramai dikunjungi pengunjung, Sabtu (1/5/2021) siang
Foto: Pasar Tanah Abang ramai dikunjungi pengunjung, Sabtu (1/5/2021) siang (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pasar Tanah Abang ramai pengunjung jelang Hari Raya Idul Fitri. Anggota DPRD DKI Jakarta meminta adanya pengawasan ketat untuk mencegah kerumunan yang berpotensi timbulkan penularan Covid.

"Pemprov harus berani, selama ini kan kita terlihat lemah banget, kita nggak mau peristiwa India dialami di sini. Makanya diawasi ketat. Di sini pemprov harus tegas membangun kerja sama dengan aparat keamanan, karena kalau mengandalkan Satpol PP udah nggak mungkin, harus bisa membangun kerjasama dengan aparat keamanan lain," kata Anggota Fraksi PDIP DKI, Johny Simanjuntak, kepada wartawan, Sabtu (1/5/2021).

Johny meminta Pemprov DKI untuk mengatur sistem belanja di Pasar Tanah Abang. Dia menyarankan adanya pembatasan, sehingga tidak terjadi kerumunan.

"Pengaturan-pengaturan itu kan penting, jadi jangan misalnya orang numpuk jam sekian dibiarkan. Dibatasi dulu deh yang penting, bisa ngumpul seperti itu kan karena dibiarkan. Tapi pemprov juga harus hadir untuk mengatur, jangan dilepas, misal dari jam sekian sampai jam sekian ditutup pengunjung yang masuk (kalau sudah mulai ramai) nanti dibuka lagi," ujarnya.

Orang yang melanggar prokes di Pasar Tanah Abang, kata Johny juga harus ditindak tegas. "Bila perlu juga harus lebih tegas. Jadi nggak ada gunanya kita larang mudik tapi kerumunan dibiarkan," ujarnya.

Simak juga video 'Pasar Tanah Abang Ramai, Pedagang Harap Tak Ada 'Lockdown'':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2