Wawancara Eksklusif

Hoax Babi Ngepet di Depok, Adam Ibrahim Terjebak Kebohongannya Sendiri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 14:33 WIB
Adam Ibrahim merekayasa babi ngepet demi dapat nama
Foto: Kapolsek Sawangan AKP Rio Tobing menyebut Adam Ibrahim terjebak kebohongannya sendiri soal babi ngepet. (Mei Amelia/detikcom)
Depok -

Polisi menyatakan babi ngepet yang membuat heboh warga Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok adalah hoax. Adam Ibrahim mengarang cerita soal babi ngepet karena ingin mendapat pengakuan warga sebagai orang yang memiliki kemampuan lebih.

Kapolsek Sawangan AKP Rio Tobing mengatakan kehebohan soal 'babi ngepet' ini bermula ketika Adam Ibrahim menerima keluhan sejumlah warga yang kehilangan uang. Warga tersebut meminta solusi kepada Adam Ibrahim.

"Karena masyarakat pernah dengar cerita itu, ada satu masyarakat menceritakan 'saya kehilangan uang segini..segini', bukan meminta pendapat, ngobrol biasa. Pak Adam kemudian bilang 'oh ini pesugihan, babi ngepet lah' tercetuslah di situ," kata Rio Tobing dalam wawancara eksklusif dengan Tim Blak-blakan detikcom di Polresta Depok, Jumat (30/4/2021).

Sebelum kejadian ini heboh, jauh sebelumnya Adam Ibrahim pernah mencoba menangkap 'babi ngepet'. Namun, saat itu Adam Ibrahim mengaku kepada warga jika 'babi ngepet' itu tidak berhasil dia tangkap.

"Berdasar pemeriksaan saksi-saksi, Adam Ibrahim sebelumnya sudah pernah mencoba melakukan penangkapan babi ngepet ini, menurut cerita saksi, namun tidak tertangkap, babi tersebut hilang dan yang tertangkap hanya berupa bulu babi. Itu sekitar sebulan lebih sebelum puasa, Maret lah," jelasnya.

Belakangan, warga tersebut kembali mengeluhkan soal kehilangan uang. Sehingga akhirnya Adam Ibrahim merekayasa soal 'babi ngepet' ini.

Kali ini, Adam Ibrahim 'menyeriusinya' dengan mencari seekor babi melalui media online. Tujuannya saat itu dia ingin membuktikan kepada warga seolah-olah dia memiliki kemampuan menangkap babi.

"Dia pertama kali ingin dianggap sebagai seseorang yang memiliki kemampuan lebih dalam ilmu agama, terutama dalam kemampuan melakukan penangkapan babi ngepet," katanya.

Simak kebohongan lain Adam Ibrahim, di halaman selanjutnya

Lihat Video: Blak-blakan 'Ustaz' Adam Ibrahim: Pembuat Kandang Burung & Hoaks Babi Ngepet

[Gambas:Video 20detik]