detikcom Do Your Magic

Jembatan Kota Paris Akan Jadi Taman, Pemkot Hitung Kebutuhan Material

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 11:17 WIB
Barier untuk halangi akses tawuran dipasang di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat
Jembatan Kota Paris, Johar Baru (Afzal Nur Iman/detikcom).
Jakarta -

Pemerintah Kota Jakarta Pusat mulai merencanakan pembangunan taman di Jembatan Kota Paris yang menjadi akses tawuran. Saat ini, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota sedang merinci pelaksanaan pembangunan.

"Sedang kami hitung kebutuhan materialnya," ucap Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Mila Ananda, saat dihubungi, Jumat (30/4/2021).

Untuk proses itu, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota sedang berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

"Karena material yang dipakai hasil kolaborasi dari Sudin Bina Marga, dan Pertamanan," kata Mila.

Diketahui, Jembatan Kota Paris rencananya akan diubah nama menjadi Jembatan Persatuan. Jembatan itu tetap tidak bisa difungsikan sebagai jembatan untuk menghalau akses tawuran.

Untuk desain taman, konsepnya sederhana. Taman tersebut akan diisi oleh tanaman perdu atau tumbuhan yang tidak berbatang besar, sering ditanam di tepi jalan.

"Konsepnya planter box (tempat tanaman) dengan tanaman perdu," kata Mila, Minggu (28/4).

Soal Jembatan Kota Paris, warga ingin agar jembatan itu durobohkan karena menjadi akses tawuran. Namun, Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukma menyebut tak ingin gegabah.

Dia akan menutup jembatan tersebut dan menjadikannya taman sambil melakukan analisis terkait permasalahan tawuran yang berada di sekitar jembatan tersebut.

"Tapi tetap itu bukan menjadi akses jalan, tetap menjadi area hijau, sambil nanti dilakukan analisis lebih lanjut," kata Dhany Sukma saat dihubungi, Selasa (27/4).

(aik/dnu)