Masyumi Reborn Tak Khawatir Ada Partai Ummat: Bukan Pesaing

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 05:21 WIB
Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani
Foto: Ahmad Yani (Rakha Ardiyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Partai Masyumi Reborn mengucapkan selamat kepada Partai Ummat usai dideklarasikan oleh Amien Rais sebagai salah satu partai di Indonesia. Partai Masyumi Reborn tidak khawatir dengan deklarasi Partai Ummat tersebut.

"Iya pertama tentunya kita merasa senang ya kan, ada satu lagi mitra, dan sebagaimana saya kemukakan kehadiran partai-partai Islam ini bukan menjadi pesaing, bukan menjadi pengambil, bukan menjadi kompetitor, tapi bagian energi baru," kata Ketua Umum Partai Masyumi Ahmad Yani, saat dihubungi, Kamis (29/4/2021).

Ahmad Yani beralasan suara umat Islam masih cukup untuk semua partai Islam. Menurutnya masih ada ruang yang cukup besar untuk partai Islam baru.

"Kalau kita lihat kemarin dari hasil Pilpres Pileg kemarin angkanya hanya capai 30 persen, artinya ada ruang yang cukup besar untuk partai baru Islam ini. Kita ucapkan selamat, semoga nanti kita bisa menggasa yang naamnya poros Islam atau poros umat," ucapnya.

Ahmad Yani memastikan Partai Masyumi tidak khawatir dengan keberadaan Partai Ummat. Dia menyebut Partai Masyumi sudah mempunya basis-basis suara yang akan diincar ke depannya.

"Nggak ada nggak ada, kita sama sama, karena basisnya kita partai umat, kita mau lihat partai Masyumi di samping basis-basis ideologi Masyumi dimana daerah yang dimenangkan muslim tahun 55, kita juga ingin lihat sekarang ini, kan ada 20 persen tidak menjatuhkan pilihan alias golput, itu yang akan disasar Masyumi," ujarnya.

"Ada 2 kategori, 1 kategori golput yang mereka menganggap demokrasi bukan dari sistem Islam ini kita akan ajak diskusi kawan kawan kita yang berpandangan seperti itu. satu lagi anggap milih golput karena anggap ini ideal, partai ini tidak bisa wakili kepentingan mereka, banyak masalah, banyak korupsi dsb, mereka sudah hopeles dengan partai yang ada," lanjutnya.

Seperti diketahui, Partai Ummat menggelar deklarasi partai secara virtual. Dalam deklarasi ini, Partai Ummat menetapkan menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi, menjadi ketua umum.

Deklarasi Partai Ummat digelar virtual di YouTube Amien Rais Official, Kamis (9/4/2021). Deklarasi Partai Ummat dibuka bacaan ayat suci Al-Qur'an.

Setelahnya, deklarasi Partai Ummat dilanjutkan acara menyanyikan Indonesia Raya. Terlihat sejumlah tokoh dalam deklarasi ini mulai dari Amien Rais, Neno Warisman, Ridho Rahmadi, Ustaz Ansufri Idrus Sambo, Tasniem Rais hingga Mustofa Nahrawardaya. Lalu, Tasniem Rais--istri Ridho--membacakan Pancasila.

"Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader dan anggota Partai Ummat, pada tanggal 17 Ramadhan bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi. Bismillahirrahmanirrahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di Persada Bumi Pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," kata Amien Rais.

Simak video 'Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, Menantu Jabat Ketum':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/eva)