Mafia Karantina WN India di Bandara Soetta Libatkan Oknum Protokoler AP II

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 07:29 WIB
Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra
Foto: apolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap empat orang joki yang membantu warga negara India lolos dari karantina kesehatan setibanya di Bandara Soekarno-Hatta. Salah satu dari empat orang joki tersebut bekerja sebagai protokoler Angkasa Pura II.

"Mereka sebagai protokoler, makanya kita masih koordinasikan mengatasnamakan yang tertara pas bandara," kata Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Adi mengatakan, para joki tersebut memiliki kartu pas Bandara Soekarno-Hatta. Sehingga dengan adanya kartu pas ini yang bersangkutan bebas keluar-masuk di beberapa tempat di bandara.

"Kalau memiliki pas bandara, ada tempat-tempat yang dapat dia masukin, berdasarkan kode yang ada di pas bandara tersebut. Dia ke sana mengurus sampai dengan confeyer, mengurus barang," jelas Adi.

Tujuh WN India mendarat di Bandara Soetta menggunakan pesawat Air Asia QZ-988. Mereka keluar bandara tanpa prosedur karantina protokol kesehatan COVID-19.

"Di antaranya ada beberapa dibantu oknum memiliki pas bandara kemudian juga, ada by phone suaminya. (Sumianya) menyuruh yang bersangkutan sebenrnya sudah memesen Hotek Mercure. Kemudian sudah tidak usah menaiki kendaraan Mercure, tapi menggunakan taksi langsung pulang ke apartemen," paparnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bandara Soetta Kompol Alexander Yurikho mengatakan tersangka yang merupakan pegawai AP II ini adalah Ah.ad Sulaiman alias Leman.

"Saudara Ahmad Sulaiman alias Leman pekerjaan protokoler PT Angkasa Pura II," kata Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno Hatta, Kompol Alexander Yuriko melalui keterangan tertulis, Rabu (28/4/2021).

Alex mengatakan ada lagi satu orang joki lainnya yang berperan menghubungkan warga negara India dengan orang bandara. Sementara dua joki lainnya belum diketahui peran dan pekerjaannya.

"Ada satu orang luar, sebagai penghubung ke Orang Bandara. Empat orang atas nama Zakaria Ramdhan alias Adam, Ahmad Sulaeman alias Leman, Rusdian dan Mukri," ujarnya.

Simak Video: Ini Peran Aktor Utama di Kasus Mafia Karantina Bandara Soetta

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2