detikcom Do Your Magic

Galian Manhole Mampang Prapatan Hampir Selesai, Handhole Dibikin

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 19:56 WIB
Galian SJUT atau manhole kabel di Jl Mampang Prapatan Raya di dekat underpass.
Galian kabel di Jl Mampang Prapatan Raya, dekat Underpass Mampang. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Galian manhole di Jl Mampang Prapatan Raya bakal rampung pada akhir pekan ini. Selanjutnya, handhole akan diselesaikan tanpa mengganggu lalu lintas di badan jalan.

"Untuk Jl Mampang, konstruksi utama SJUT telah selesai, baik manhole maupun pipa utama, telah terpasang. Yang tersisa hanya perapihan di sekitar underpass Mampang yang diperkirakan selesai hari Jumat (30/4) besok," kata Kepala Bidang Prasarana Utilitas Kota Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Bernhard Gultom kepada detikcom, Rabu (28/4/2021).

Baik manhole maupun handhole adalah bagian dari instalasi Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT). Nantinya, kabel-kabel yang melintang di atas tiang-tiang bakal dipindah ke SJUT. Kini, pengerjaan SJUT di Mampang masih berlangsung di sekitar underpass.

"Pengerjaan akses ke pelanggan berupa handhole tidak di badan jalan dan tidak mengganggu lalu lintas," kata Bernhard.

Manhole adalah lubang kabel berukuran 180x120x230 cm. Manhole bisa dimasuki orang/petugas. Adapun handhole ukuran lubangnya kecil saja, yakni 80x80x110 cm.

Bila pengerjaan manhole dan handhole dalam SJUT ini selesai, maka proses selanjutnya adalah memindahkan kabel dari tiang-tiang ke saluran bawah tanah SJUT ini. Kapan itu dilakukan?

"Segera setelah proses bisnis antara pemilik utilitas dan PT Jakpro (pihak proyek SJUT) selesai," kata Bernhard.

(dnu/dnu)