detikcom Do Your Magic

Galian Mampang Prapatan Berlanjut ke Dekat Underpass

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 15:30 WIB
Galian SJUT atau manhole kabel di Jl Mampang Prapatan Raya di dekat underpass.
Galian SJUT atau manhole di Jl Mampang Prapatan Raya di dekat underpass (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Galian di Jl Mampang Prapatan Raya, Jakarta Pusat, sempat tak lagi terlihat beberapa waktu lalu. Kini proyek galian di Jl Mampang Prapatan kembali dilakukan untuk melanjutkan proyek sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) atau manhole kabel.

Pantauan detikcom di lokasi, pada Jumat (23/4/2021) sekitar pukul 14.35 WIB terlihat ada galian SJUT di sekitar underpass Jl Mampang Prapatan Raya yang sedang dikerjakan petugas. Proyek manhole ada di kedua arah jalan tersebut.

Untuk arah menuju Jl Tendean hanya terlihat beberapa lubang galian yang masih dikerjakan. Galian tersebut terlihat sudah hampir selesai, namun masih tertutup seng.

Arah sebaliknya atau arah menuju Warung Buncit proyek, manhole berbaris hampir 100 meter tepat di atas underpass. Proyek manhole ditutup dengan seng dan menutupi hampir setengah badan jalan.

Meski memakan badan jalan, proyek galian tidak menyebabkan macet pada siang hari ini. Kendaraan masih bisa melaju dengan lancar. Lalu lintas siang ini bisa dikatakan cukup lengang.

Proyek manhole sudah bisa terlihat dari Jl Kapten P Tendean menjelang flyover untuk menuju Blok M. Salah satu galian berada di tengah-tengah jalan persimpangan antara menuju flyover atau menuju Jl Mampang.

Pantauan sebelumnya pada Senin (5/4) di Jl Mampang menunjukkan sudah tidak ada pengerjaan proyek manhole SJUT. Manhole sudah terlihat rapi sejajar dengan permukaan jalan.

Pada Kamis (1/4), pihak Dinas Bina Marga menyebut penyelesaian proyek sudah mencapai 95 persen dan tinggal menyisakan 100 meter di sekitar underpass Mampang. Ada kemungkinan pekerjaan inilah yang disebut oleh Bina Marga.

"Pembangunan manhole dan jalur utama pipa sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) di Jl Mampang sudah selesai 95 persen," kata Kepala Bidang Prasarana Utilitas Kota Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Bernhard Gultom saat dihubungi saat itu.

"Tersisa hanya 100 meter untuk penarikan pipa di sekitar underpass Mampang," katanya.

Galian SJUT atau manhole kabel di Jl Mampang Prapatan Raya di dekat underpass.Galian SJUT atau manhole kabel di Jl Mampang Prapatan Raya di dekat underpass. (Afzal Nur Iman/detikcom)
(aik/dnu)