Polisi Tangkap 5 Warga India yang Lolos Masuk Soetta Tanpa Karantina

Kadek Melda - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 17:52 WIB
Jakarta -

Polisi menangkap lima warga negara India yang lolos masuk via Bandara Soekarno-Hatta tanpa prosedur karantina. Kelimanya diamankan di lima tempat terpisah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan total ada tujuh WN India yang tiba pada Senin (26/4/2021), namun hanya lima yang berhasil diamankan, sementara sisanya masih dalam pengejaran. Kelima WN India itu berinisial SR (35), CM (40), KM (36), PN (47), dan SD (35).

"Yang kita amankan kemarin itu ada satu di Polda metro WNI yang datang dari India. Kemudian juga diungkap oleh teman-teman Polresta Bandara Soetta mengungkap lagi lima laporan polisi dengan indikasi dugaan ada sekitar 7 (WN India) tersangka, tapi lima sekarang sudah jadi tersangka, dua ini masih kita bersama-sama berkolaborasi dengan teman-teman dari imigrasi untuk mengejar yang dua lagi," kata Yusri saat jumpa pers di Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (28/4/2021).

Yusri menuturkan modus yang dilakukan kelima tersangka tidak berbeda dengan modus JD, WNI yang baru pulang dari India. Mereka lolos masuk Bandara Soekarno-Hatta tanpa melewati karantina menggunakan jasa joki.

"Modus operandinya sama semua, nanti ada jokinya yang akan mengurus mulai dari dia turun dari pesawat langsung ada yang menunggu di situ," tuturnya.

Yusri menjelaskan, saat melewati tahap satu, para WN India yang tiba itu didampingi oleh pelaku mafia karantina dan berhasil lolos. Tahap satu yang dilewati adalah pemeriksaan kesehatan hingga pengambilan barang.

"Tahap pertama pemeriksaan yang dikatakan pemeriksaan mulai dari turun kemudian masuk mengisi formulir ECAH kemudian masuk menuju konter pemeriksaan THAC juga sampai masalah swab dan PCR dari sana, masuk ke loket Satgas, dari Satgas menuju konter imigrasi sampai dengan di area pengambilan barang sampe dengan pintu keluar itu tahap satu namanya," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2