Jangan Percaya Isu Babi Ngepet! Ini Fatwa MUI soal Praktik Perdukunan

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 12:20 WIB
Penampakan Babi Ngepet yang Menghebohkan Warga Depok
Heboh penemuan babi 'ngepet' di Depok (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Penemuan seekor hewan yang disebut sebagai babi ngepet di Depok menyita perhatian publik. Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi, meminta masyarakat tidak percaya fenomena babi ngepet.

"Sebaiknya masyarakat tidak perlu percaya dengan fenomena babi ngepet. Jika kita salah dalam memahami hal tersebut khawatir bisa terjerumus dalam perbuatan yang dilarang oleh agama," kata Zainut, yang juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, dalam keterangan tertulis, Rabu (28/4/2021).

Zainut lantas menjelaskan mengenai fatwa MUI tentang segala bentuk praktik perdukunan (kahanah) dan peramalan ('iraafah). Kedua praktik tersebut dinyatakan haram.

"Mempublikasikan praktek perdukunan dan peramalan dalam bentuk apa pun hukumnya haram. Memanfaatkan dan menggunakan atau mempercayai segala praktek perdukunan dan peramalan hukumnya haram," ujar Zainut.

Wamenag Zainut Tauhid Saadi.Wamenag Zainut Tauhid Saadi. (Isal/detikcom)

Fatwa tersebut didasari sejumlah ayat suci Al-Qur'an. Selain itu, ada hadis tentang larangan memakai jimat.

"MUI mengacu pada firman Allah, dalam Al-Qur'an surat An-Nissa ayat 48 dan 166, serta surat An-Nam ayat 56, 59, serta surat Al-A'raf ayat 188. Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa Allah SWT tidak akan mengampuni dosa syirik. Majelis fatwa juga mengutip, hadis riwayat Iman Ahmad, yang berbunyi 'orang yang menggantungkan (memakai) jimat maka dia telah melakukan perbuatan syirik'. Jadi sebaiknya masyarakat tidak perlu mempercayai kejadian tersebut," tutur Zainut.

Sebagaimana diketahui, isu babi ngepet ini berawal beredarnya video dengan narasi babi ngepet ini diamankan di kawasan Bedahan, Sawangan, Depok. Babi ini ditangkap dini hari, Selasa (27/4), di RT 02 RW 04, pukul 00.20 WIB.

"Ya untuk sampai saat ini, sampai kronologi semalam ini, ya itu memang babi ngepet," kata Ketua RW 4 Bedahan Abdul Rosad saat dihubungi, Selasa (27/4/2021).

Abdul menyampaikan babi ngepet ini tak hanya sekali ketahuan mencuri. Sebelumnya, babi ngepet ini pernah akan ditangkap warga tapi lolos. Kendati demikian, isu babi ngepet tak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Isu babi ngepet di Sawangan, Depok, ini bukan isu mistis pertama yang bikin heboh. Sebelumnya, Sawangan, Depok, juga pernah diterpa isu mistis lainnya.

Simak Video: Bikin Heboh, Babi 'Ngepet' di Depok Akhirnya Dipotong Warga

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)