Rentetan Heboh Babi Ngepet, dari Aceh hingga Depok

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 10:59 WIB
Penampakan Babi Ngepet yang Menghebohkan Warga Depok
Heboh penemuan babi ngepet di Depok (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Penemuan babi ngepet menghebohkan warga Kota Depok, Jawa Barat. Hewan yang diklaim sebagai babi ngepet itu pun sontak menyita perhatian warga.

Padahal, tidak ada yang namanya babi ngepet. Peneliti bidang zoologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Taufiq Purna Nugraha, mengatakan secara ilmiah tidak ada babi ngepet. Taufiq mengaku menghormati kepercayaan masyarakat sekitar.

"Kalau dari sudut pandang ilmiah sih, itu babi ngepet atau bukan, saya nggak bisa jawab, kalau di dalam ilmiah tidak ada itu istilahnya babi ngepet," ujar Taufiq saat dihubungi, Selasa (27/4/2021).

Fenomena pesugihan babi ngepet ini bukan yang pertama kalinya. Sebelum Depok, sejumlah daerah juga pernah dihebohkan dengan klaim penemuan babi ngepet. Di mana saja?

1. Sawangan, Depok

Isu babi ngepet ternyata juga pernah membuat heboh warga Depok 7 tahun yang lalu. Seorang pemuda diamankan warga di dekat kuburan lantaran dituding sebagai babi ngepet.

Namun, isu ini tak terbukti. Kala itu, warga hanya salah sangka lantaran pemuda tersebut berpakaian hitam-hitam.

2. Kabupaten Tangerang

Tahun 2017 lalu, warga Panongan, Kabupaten Tangerang juga pernah dihebohkan isu babi ngepet. Saat itu, seekor anjing ditangkap. Anjing itu diisukan sebagai jelmaan babi ngepet.

Anjing itu pun lantas menjadi tontonan warga. Namun, lagi-lagi isu babi ngepet itu tak terbukti.

3. Garut, Jawa Barat

Fenomena babi ngepet juga muncul di Garut, Jawa Barat. Video penampakan babi ngepet itu saat itu ramai beredar di media sosial.

Warga pun memukuli babi yang diduga babi ngepet itu. Babi ngepet itu akhirnya dibunuh lantaran menyerang warga. Lagi-lagi, babi ngepet itu hanya babi biasa.

4. Pangandaran, Jawa Barat

Heboh babi ngepet juga pernah terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. Heboh babi ngepet itu diawali kemunculan babi hutan di sana.

Warga pun menangkap babi tersebut. Setelah ditelusuri, babi itu ternyata bukan babi jadi-jadian atau siluman.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Tonton Video: Bikin Heboh, Babi 'Ngepet' di Depok Akhirnya Dipotong Warga

[Gambas:Video 20detik]