Round-Up

Gempar Teror Harimau Masuk Kampung di Sumbar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 21:46 WIB
Harimau liar yang dinamai Corina, menjadi korban jerat liar di Kabupaten Pelalawan, Riau. Kemungkinan terburuk, kaki Corina terancam diamputasi.
Ilustrasi harimau (Dok. PR-HSD)
Jakarta -

Seekor harimau Sumatera masuk kampung membuat gempar warga Sumbar. Harimau itu meneror dan memangsa ternak warga.

Harimau yang masuk ke permukiman itu dilaporkan terjadi di Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Tujuh ternak anjing warga mati dimangsa.

"Kami mendapat laporan dari Amir Hamzah, salah seorang warga Palembayan, di mana anjing-anjing ternak warga, termasuk milik Pak Amir, mati dimangsa satwa liar," kata Kepala BKSDA Agam, Ade Putra, kepada wartawan, Senin (26/4/2021) malam.

Tim BKSDA Resor Agam yang menerima laporan baru tiba di tempat kejadian pada Senin sore. Sebab, pada waktu yang sama, BKSDA sedang menangani konflik antara manusia dan harimau Sumatera di Jorong Cubadak Lilin Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur, yang menyebabkan 6 ekor ternak dimangsa.

"Hasil pengumpulan data, diketahui sebanyak tujuh ekor ternak anjing milik warga mati karena dimangsa satwa liar yang diduga jenis harimau Sumatera," kata dia.

Warga yang memiliki ternak anjing, Novi (40), menyebut dua ekor anjingnya dimangsa bergilir pada malam yang berbeda. Anjing peliharaannya itu diterkam dan diseret dari pondoknya ke arah pinggir ladang. Di sekitar bangkai anjing ditemukan banyak jejak menyerupai tapak kaki harimau.

BKSDA belum dapat menyimpulkan harimau yang menyerang ternak anjing tersebut merupakan individu yang sama dengan harimau yang menerkam ternak kerbau warga di Matur, beberapa hari sebelumnya. Identifikasi lapangan untuk mencari dan mengumpulkan data-data tanda keberadaan satwa berupa jejak, cakaran, dan kotoran akan dilakukan untuk memastikan jenis dan individu satwa.

Berdasarkan keterangan Novi, beberapa warga setempat sempat melihat langsung satwa langka dan dilindungi tersebut.

Lihat juga video 'Harimau Muncul di Langkat, Ternak Warga Dimangsa':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2