Pemprov DKI Cek Penyebab Klaster COVID Perkantoran Meningkat

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 20:26 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tengah mengecek faktor yang menjadi penyebab melonjaknya kasus COVID-19 pada klaster perkantoran. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kemungkinan penularan terjadi di lingkungan kantor ataupun tempat tinggal pegawai.

"Atas peningkatan itu, ini sedang kita cek kembali apa yang menjadi penyebab, apakah terjadinya penularan itu di perkantoran itu sejak di rumah diawali dengan klaster rumah misalnya, apakah di perjalanan pergi, di perjalanan pulang atau di kantor itu sendiri atau di tempat-tempat lain, ini memang sedang kita cek kembali," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/4/2021).

Politikus Gerindra itu menyadari kenaikan kasus beriringan dengan kebijakan Pemprov DKI yang memberi pelonggaran terhadap sejumlah kegiatan selama Ramadhan. Kendati demikian, dia memastikan tak ada yang berubah dengan aturan kapasitas maupun jam operasional kantor.

"Memang klaster perkantoran terjadi peningkatan, dalam beberapa minggu terakhir, memang kita tahu belakangan memang terjadi beberapa pelonggaran, tetapi pelonggarannya tidak signifikan. (Kantor) tetap dalam kapasitas yang lama yaitu 50%, jam operasional tetap dibatasi, semuanya tetap dibatasi, sekalipun ada pelonggaran dan kita minta semuanya termasuk perkantoran melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

Tonton video 'Corona RI 26 April: Tambah 5.944 Kasus, 5.589 Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



Pemprov meminta perusahaan memperketat pengawasan, simak selengkapnya.