Kabinda Papua yang Gugur Ditembak KKB Akan Diberi Kenaikan Pangkat

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 04:57 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Foto: Ari Saputra
Jayapura -

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Putu Dani Nugraha Karya gugur usai ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) kelompok Lekagak Telengen di Beoga, Puncak, Papua. Brigjen Putu akan dianugerahi kenaikan pangkat anumerta.

"Direncanakan akan di bawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral," kata Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto, dalam keterangannya, Senin (26/4/2021).

Wawan mengatakan Brigjen Putu merupakan sosok yang hangat. Semasa hidupnya, Brigjen Putu, kata Wawan selalu berprestasi dan pekerja keras.

"Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi. Beliau dikenal memiliki karir cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen," ucapnya.

Wawan mengatakan gugurnya Brigjen Putu merupakan bukti nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Tak hanya itu, menurutnya insiden yang menimpa Brigjen Putu juga menjadi simbol pengabdian BIN.

"Gugurnya Kabinda Papua merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang, yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional," ujarnya.

Seperti diketahui, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Beoga, Puncak, Papua. Brigjen Putu gugur ditembak di bagian kepala.

Saat itu, sekitar pukul 15.50 WIT, Brigjen Putu beserta Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri yang tengah dalam perjalanan menuju Desa Damber tiba-tiba dihadang oleh kelompok KKB. Saat itulah aksi baku tembak pun terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

Brigjen Putu, kata Wawan, terkena tembakan saat kontak tembak tersebut. Menurutnya Brigjen tertembak di bagian kepala.

"Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen Pol. Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan Gugur sebagai Kusuma Bangsa," jelas Wawan.

Simak video 'KRI Nanggala Bakal Diangkat ke Permukaan, ISMERLO Tawaran Bantuan':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)