KPK Jawab Sindiran Febri Diansyah soal Letak 'Korupsi' di Logo

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 19:44 WIB
Logo, ilustrasi, gedung Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK)
Logo KPK (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyindir soal letak kata 'korupsi' yang tak lagi di luar logo KPK. Plt Jubir KPK Ali Fikri memberi penjelasan.

Ali awalnya menjelaskan soal dokumen dengan logo KPK yang dipermasalahkan Febri. Ali mengatakan dokumen itu merupakan arsip dari pihak ketiga.

"Sampul dokumen yang diperlihatkan tersebut adalah berasal dari arsip pihak ketiga yang telah selesai melaksanakan proses seleksi pegawai KPK," ujar Ali kepada wartawan, Sabtu (24/4/2021).

Ali mengatakan pegawai yang dimaksud adalah penyidik KPK asal Polri AKP Stepanus Robin Pattuju, yang kini dijerat sebagai tersangka kasus dugaan suap. Berkas itu berasal dari seleksi saat periode kepemimpinan Agus Rahardjo cs alias saat Febri masih di KPK.

"(Berkas seleksi) atas nama tersangka SRP (Stepanus Robin Pattuju) tahun 2019 pada saat periode kepemimpinan KPK yang lalu," ujarnya.

"Kami pastikan isi dokumen dimaksud tentu tidak pernah kami publikasikan secara terbuka," sambungnya.

Ali membenarkan ada makna di balik logo KPK. Menurutnya, kata 'Korupsi' pada tulisan 'Komisi Pemberantasan Korupsi' memang ada di posisi bawah dan di luar tulisan 'KPK' yang lebih besar di atasnya.

"Logo KPK beserta narasi tulisan di bawahnya benar ada makna tersendiri, khususnya tulisan 'Korupsi' di luar kata 'KPK' tepatnya di bawah, di luar huruf K. Logo yang demikian tersebut digunakan untuk dokumen resmi yang dikeluarkan KPK," ujarnya.

Tonton juga Video: Pakai Rompi Oranye, Walkot Tanjungbalai Minta Maaf

[Gambas:Video 20detik]